Pages

Sabtu, 08 Oktober 2011

7 Produk Gagal Buatan Steve Jobs

detail berita


 










NEW YORK - Banyak yang mengenal bahwa Steve Jobs merupakan seorang visoner yang berhasil mengembangkan karya-karya mutakhir di bidang teknologi. Namun tak selamanya produk-produk tersebut sukses, karena setidaknya ada tujuh produk gagal yang pernah ditawarkan oleh Jobs.

Dalam merancang suatu produk, berkali-kali Steve Jobs mengajukan rancangan desain sebelum akhirnya produk tersebut dibuat Apple. Namun ada beberapa produk yang hasilnya tidak selalu baik dan terkesan gagal di pasaran.

Berikut adalah tujuh produk dari Jobs yang gagal baik secara komersial maupun fungsional, seperti yang dilansir The Washington Times, Kamis (6/10/2011) :

1. Apple III (1981) _ Penerus dari Apple II yang sangat populer memang dirancang sebagai perangkat yang fokus pada pengguna bisnis dan harganya terjangkau. Sayangnya, hardware ini tidak dapat diandalkan. Apple kehilangan pasar bisnisnya Setelah IBM muncul dengan memperkenalkan PC. Peluncurkan produk PC andalan IBM ini bersamaan dengan tahun peluncuran Apple III dan PC lebih berkembang pesat dibanding Apple III.

2. Lisa (1983), merupakan komputer yang diproduksi secara komersial pertama dengan menggunakan grafis interface yang menghabiskan biaya produksi sebesar USD9,995. Perangkat ini dengan cepat jatuh karena menganggap Macintosh lebih murah dibandingkan Lisa, yang diluncurkan setahun kemudian.

3. NeXT Computer (1989), usaha Jobs yang pertama setelah terpaksa keluar dari Apple saat itu membuatnya berkeinginan menciptakan komputer yang mampu memprediksi masa depan, tetapi perangkat yang diciptakannya yakni Next Computer melampaui harga jual dari Apple III dan Lisa, yang saat itu terlalu mahal untuk menangkap pengguna mainstream.

4. Puck Mouse (1998), salah satu produk baru dari iMac ini adalah produk utama pertama yang diciptakan setelah kembalinya Jobs ke Apple pada tahun 1996. Karena mouse ini berbentuk bulat dan kecil Ada beberapa pengguna yang tidak bisa menggunakannya karena sangat kecil, sehingga sulit digunakan.

5. Cube (2000), ini adalah komputer desktop kecil indah yang terbungkus dalam plastik bening berbentuk kubus. Perangkat rancangan Jobs ini memang memenangkan penghargaan desain, tapi mengalami kegagalan di toko-toko pengecer karena harga yang tinggi. Meskipun desain Apple ikonik, namun orang tidak bersedia membayar dengan harga yang tinggi. Akhirnya ide Cube dibawa ke generasi Mac selanjutnya yakni Mac Mini.

6. iTunes phone (2005), iPhone bukanlah usaha pertama Apple di bisnis ponsel. Saat itu Apple membentuk kemitraan dengan Motorola Inc untuk meluncurkan ROKR pada akhir 2005. Sebagai ponsel, ROKR memang kurang menarik, tapi sebagai pemutar musik itu hampir mirip dengan iPod. Perbedaannya ponsel ini hanya bisa menyimpan 100 lagu dan proses mentransfer lagu dari komputer terkesan lambat. Hal lain yang juga dikritik karena tidak memungkinkan pengguna untuk mengunduh musik melalui jaringan seluler. Batasan ini juga terjadi pada iPhone pertama.

7. Apple TV (2007), terjunnya Apple ke ruang tamu merupakan upaya yang terkesan setengah hati. Jobs kemudian menyebut Apple TV ini hanya sebagai "hobi". Ternyata ini merupakan sebuah perangkat kotak kecil yang dihubungkan ke TV dan ke Mac di rumah. Perangkat ini merupakan sebuah remote kecil yang memungkinkan pemiliknya untuk memutar musik dan film dari PC ke TV. Itu merupakan perangkat yang tergolong mahal, dengan harga USD249.

Selain itu, penggunaan perangkat ini terkesan rumit untuk mengatur dan menggunakannya. Film yang dibeli dari iTunes memiliki resolusi rendah dan tampak buram ketika di lihat di HDTV.

BArulah di tahun 2010, Apple memperkenalkan Apple TV yang jauh lebih baik dan lebih murah, serta dirancang untuk menghubungkannya langsung ke Internet.

0 komentar:

Poskan Komentar