Pages

Rabu, 12 Oktober 2011

Bulan Lahir Memengaruhi Pilihan Karier?





(News Today) - Anda ingin anak Anda kelak menjalani profesi tertentu, seperti dokter, pelukis, atau pilot? Mungkin Anda bisa mencoba mengatur bulan kelahirannya.

Studi yang digelar oleh UK Office of National Statistics menunjukkan, lahir pada bulan tertentu ternyata tidak hanya menentukan zodiak Anda, tetapi juga mengindikasikan berbagai hal lain, dari kecerdasaran, panjang usia, dan jalur karier Anda. Hal ini merupakan kesimpulan dari para peneliti yang menganalisa bulan kelahiran dari orang-orang dengan 19 pekerjaan yang berbeda, dengan menggunakan informasi dari sensus terakhir.

Menurut para peneliti, anak yang lahir bulan Desember cenderung akan berprofesi sebagai dokter gigi. Sedangkan orang yang lahir bulan Januari cenderung akan menjadi debt collector, orang yang lahir bulan Februari kelak akan menjadi seorang seniman, dan mereka yang lahir bulan Maret akan menjadi pilot. Sedangkan orang yang lahir di bulan April dan Mei disebut-sebut memiliki pilihan profesi yang lebih luas. Jika Anda ingin anak menjadi pemain sepakbola, dokter, atau dokter gigi, atur agar bulan kelahiran anak Anda tidak jatuh di bulan-bulan pada musim panas.

Dari penelitian tersebut terlihat kecenderungan seperti ini:

Lahir bulan:
Januari - Debt collector dan dokter umum
Februari - Seniman dan pengawas lalu lintas
Maret - Pilot dan musisi (termasuk Lady Gaga dan Diana Ross)
April - Diktator (Hitler, Saddam Husein)
Mei - Politisi (John F. Kennedy, Tony Blair)
Juni - Chief executive, dan peluang terendah untuk menjadi kapten tim olahraga di Inggris (kecuali David Beckham)
Juli - Tukang batu, seniman (Daniel Radcliffe, JK Rowling), dan masinis
Agustus - Lebih banyak lagi tukang batu yang lahir bulan ini, dan presiden (Barack Obama dan Bill Clinton lahir di bulan ini)
September - Atlet, penata rambut, akademisi
Oktober - Tidak ada karier yang terdaftar, namun orang yang lahir pada bulan ini cenderung hidup lebih lama (215 hari lebih lama daripada mereka yang lahir bulan Maret)
November - Pembunuh berantai, dan banyak pengidap skisofrenia lahir bulan ini
Desember - Dokter gigi

Fenomena ini memang sulit dijelaskan, namun hubungan antara bulan lahir dan masalah kesehatan itu sendiri memiliki dasar ilmiah. Anak-anak yang lahir pada musim semi, misalnya, mengalami risiko yang lebih besar untuk mengidap penyakit seperti skisofrenia, Alzheimer, asma, dan autisme. Mereka juga cenderung tidak sepandai anak-anak lain yang lahir di bulan lain.

Banyak dari problem kesehatan ini yang dikaitkan dengan paparan cahaya matahari yang dialami ibu ketika sedang hamil. Sinar matahari memicu produksi vitamin D di dalam tubuh, dan kekurangan vitamin d dalam bulan-bulan pertama ternyata memiliki pengaruh jangka panjang.

"Tampaknya absurd bila menganggap bulan Anda lahir dapat memengaruhi peluang-peluang dalam hidup. Namun, berapa lama Anda hidup, berapa tinggi badan Anda, bagaimana prestasi Anda di sekolah, berapa indeks massa tubuh Anda di masa dewasa, dan bagaimana kecenderungan Anda untuk mengalami suatu penyakit, semuanya terkait dengan tahun Anda lahir dari rahim," ujar neuroscientist Russell Foster, dari Oxford University.

Karena penelitian dilakukan berdasarkan statistik penduduk di Inggris, hasilnya mungkin saja akan berbeda di negara lain.

0 komentar:

Poskan Komentar