Pages

Selasa, 01 November 2011

Festival Unik di Seluruh Dunia pada Bulan Oktober


Di beberapa negara bulan Oktober identik dengan perayaan Halloween. Halloween dirayakan setiap tanggal 31 Oktober. Biasanya pesta topeng sampai lomba kostum paling seram dan kreatif akan mewarnai beberapa tempat di dunia.

Selain perayaan Halloween, ada pula festival-festival unik seluruh dunia yang biasa diselenggarakan setiap bulan Oktober. Berikut beberapa festival yang menarik untuk dikunjungi. Jangan lupa memasukkannya dalam agenda perjalanan Anda tahun depan.

Parade Greenwich Village Halloween, Amerika Serikat
Parade yang diselenggarakan di New York pada tanggal 31 Oktober ini setiap tahunnya ditonton oleh lebih dari 2 juta orang. Sehingga membuat perayaan Halloween ini menjadi festival akbar di Amerika Serikat.

Anda bisa melihat semua hal mulai dari acara dansa, penampilan sirkus, hingga boneka raksasa. Festival ini adalah tempat yang tepat untuk memamerkan kostum-kostum kreatif, aneh, sekaligus mengerikan hasil adaptasi dari film-film Hollywood.

Festival Dussehra, India
Dussehra merupakan festival yang sangat terkenal dan dirayakan oleh umat Hindu seluruh India, walaupun dengan sebutan yang bermacam-macam. Biasa berlangsung pada awal Oktober.

Festival tersebut merayakan hari di saat Rama berhasil mengalahkan Rahwana dan mendapatkan kembali istrinya, Sita. Hal ini sebagai simbol kebaikan menang melawan kejahatan.

Saat festival, kembang api dan petasan dinyalakan. Kemudian beberapa orang akan berperan sebagai Rama, Sita, Laksmana, Rahwana.

Mereka akan mementaskan adegan peperangan antara Rama dan Rahwana. Saat tokoh Rama berhasil memanah Rahwana, kegembiraan pun menyeruak. Penuh dengan musik dan tarian.

China’s National Day, China
Seluruh warga di China merayakan berdirinya Republik Rakyat China setiap tanggal 1 Oktober. Perayaan terpusat di Beijing, Tiananmen Square, dan pelabuhan Vitoria di Hong Kong. Ada 23.000 kembang api yang dinyalakan.

Procession of the Lord of Miracles, Peru
Setiap tanggal 3 Oktober, ratusan ribu orang akan membanjiri jalan di Kota Lima untuk melihat prosesi ini. Sehingga membuat acara ini menjadi salah satu acara religi terbesar di dunia.

Jalanan akan dipenuhi dengan dominasi warna ungu saat semua orang menonton pawai lukisan Senor de los Milagros. Banyak orang yang ikut menari, menyanyi, hingga berjualan barang-barang bertema Yesus. Acara ini juga dilaksanakan untuk menyambut acara adu banteng terbesar di Peru.

Phuket Vegetarian Festival, Thailand
Jangan nekat menyaksikan festival ini jika hati Anda tak cukup kuat melihat atraksi sadis di Phuket Vegetarian Festival. Festival ini berlangsung di Phuket, Thailand, setiap awal Oktober.

Festival ini merupakan perayaan bagi komunitas Tionghoa setempat untuk tidak makan daging. Dalam perayaan tersebut, para pendeta melakukan berbagai aksi berbahaya seperti menusuk sampai memotong bagian tubuh dengan benda-benda tajam. Aksi lainnya adalah berjalan di atas bara api atau benda tajam.

Frankfurt Book Fair, Jerman
Jika Anda memilih kegiatan yang lebih intelektual untuk Anda kunjungi, Anda harus datang ke pameran buku terbesar di Frankfurt pada tanggal 12 hingga 16 Oktober. Ada lebih dari 300 ribu pengunjung, penulis, dan orang-orang penting dalam industri penerbitan yang akan datang ke acara ini.

Jogja Java Carnival, Indonesia
Karnaval yang diselenggarakan di Yogyakarta, ini biasa diselenggarakan dalam rangka memperingati kelahiran Kota Yogyakarta pada tanggal 7 Oktober. Oleh karena itu, karnaval tersebut biasa berlangsung di bulan Oktober.

Jogja Java Carnival menjadi puncak peringatan ulang tahun. Karnaval meriah di malam hari dengan beragam street performance. Ibarat seni yang dipentaskan di jalan umum.

0 komentar:

Poskan Komentar