Pages

Jumat, 28 Oktober 2011

Tips Optimalisasi Home Screen di Android


Handphone dengan platform Android sebenarnya bukan barang baru. Namun bagi sebagian besar pengguna handphone di Indonesia, mungkin Android adalah sesuatu yang gres. Meskipun banyak menawarkan keuntungan, terutama dalam hal akses data, tak urung Android menyisakan tanda tanya bagi para pengguna handphone di Indonesia terkait dengan operasional sistem operasi termuda ini.
Nah, kali ini SELULAR menyajikan tips cara pengoperasian dasar Android sehingga Anda, pengguna Android (baru), dapat mengoptimalkan handphone canggih ini, terutama pada cara mengoptimalkan home screen


1. Untuk mengatur ruang yang ada pada home screen, Widget dapat digunakan untuk mengoptimalkan tata ruang. Widget merupakan aplikasi dinamis yang akan membantu Anda mengatur segala fungsi yang ingin diletakan pada home screen. Mengakses widget ini pun mudah. Tempelkan jari Anda pada bagian kosong layar dan tahan beberapa detik. Jendela widget akan muncul (pop-up). Widget sendiri memiliki beberapa variasi ukuran dan fungsi. Untuk mendapatkan memperbarui variasi widget, kunjungi android market.
2. Usahakan untuk tidak menggunakan nada peringatan (email alert) ketika email masuk Untuk menonaktifkan peringatan suara tersebut masuklah ke pengaturan Gmail pada menu Setting, dan pindahkan status menjadi Silent. Meskipun tidak menggunakan nada pengingat email, Anda masih tetap akan dapat melihat dan mengakes email dengan cepat. Informasi email baru akan muncul pada panel drop-down yang ada pada bagian atas layar handphone Android Anda. Tarik turun panel tersebut maka informasi email baru akan terlihat.
3. Lakukan pengaturan one-touch dial untuk orang-orang yang sering Anda hubungi. Caranya, tempelkan jari Anda pada tempat kosong di layar dan tahan beberapa saat. Jendela pengaturan akan muncul seketika. Pilih menu Shortcuts. Jendela Shortcut akan memunculkan beberapa menu di dalamnya, pilih Direct Dial dan pilihlah  nama rekan atau kolega yang sering Anda hubungi. Begitu pula dengan pesan basis teks (SMS). Pilih menu Direct message pada jendela Shortcut dan lakukan hal yang sama.
4. Untuk menempatkan laman web favorit Anda pada jendela Home Screen, tekan beberapa saat pada situs yang dikehendaki di bookmarks browser lalu pilih Add shortcut to home.
5. Usahakan menggunakan folder untuk membuat tampilan Home Screen Anda menjadi lebih terstuktur dan rapi. Ini berpengaruh pada kecepatan akses handphone Android Anda. Untuk membuat folder, tekan ruang kosong pada Home Screen. Ketika jendela Add to Home Screen muncul, maka pilihlah Folder. Lakukan pemindahan dengan cara drag-drop contacts, applikasi, atau shortcut lainnya.

0 komentar:

Poskan Komentar