Pages

Senin, 05 Desember 2011

Cerita Sukses YouTube Selama 5 Tahun

detail berita
CALIFORNIA - Hari ini YouTube merayakan ulang tahun kelima.  Apa yang melatarbelakangi situs video terbesar di internet ini begitu sukses?

Saat itu, tepatnya di akhir 2005 ada tiga orang mantan karyawan PayPal, yakni Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim yang mengembangkan ide kreatif untuk membuat situs video yang bisa diunggah oleh semua orang dan bisa dibagikan ke semua halaman web. Kemudian pada 2006, Google memutuskan membelinya dengan penawaran yang fantastis USD1,6 miliar.

Setelah lima tahun, YouTube tampak lebih berjaya dengan lebih dari dua miliar halaman video berhasil dilihat (page view) setiap hari.

Video yang diunggah ke YouTube juga terbukti dapat mengubah kehidupan seseorang secara cepat dan drastis, seperti Justin Bieber dan Briptu Norman Kamaru. Ini semua berkat lima pilar yang dilakukan YouTube selama lima tahun ini. Berikut kelima pilar yang dilakukan YouTube, seperti dikutip The Globe and Mail, Minggu (4/12/2011), antara lain:

1. Kapasitas Penyimpanan Besar
Lebih dari jutaan video ada di YouTube dan ini jelas membutuhkan kapasistas penyimpanan yang besar. Tampaknya YouTube memiliki begitu banyak konten video dengan menggunakan data center yang sangat besar. YouTube sendiri dianggap sebagai cadangan devisa bagi Google untuk menjalankan bisnis di dunia internet.

2. Bekerja Keras dan Tekun
YouTube jelas memiliki ide yang baik sebagai situs video terbesar, namun untuk mewujudkan hal tersebut, ketiga pendirinya perlu bekerja keras dan tekun untuk terus membuat inovasi yang memudahkan orang di seluruh dunia mengunggah dan membagikan video mereka.

Situs video ini memiliki motto “Broadcast Yourself”. Sebagai sarana broadcast atau penyiaran, YouTube sering ditentang karena semua jenis video bisa masuk ke dalamnya. Oleh karena itu, saat ini beberapa video yang berbau pornografi dan SARA mulai dibatasi.

3. Ide yang Brilian
Ide untuk membuat situs video tidak hanya bisa digunakan untuk menonton, tapi juga mengunggah, bahkan membagikannya ke halaman web merupakan sesuatu yang brilian. Youtube tidak hanya menciptakan video online, tapi lebih dari itu.

Video di YouTube selalu update, cepat, dan bisa dilihat langsung tanpa harus menggunakan media pemutar video lain. YouTube dibuat bukan hanya sekadar mencapai tujuan tertentu, tapi sebuah utilitas yang besar, di mana ada jutaan orang melihat video YouTube setiap harinya.

4. YouTube Ibarat Angsa yang Dimakan Burung Pelikan
Istilah yang digunakan untuk mengibaratkan YouTube sebagai situs video yang bersifat terbuka, mudah digunakan, dan sangat besar. YouTube juga dianggap seperti lemari besar penyimpan video di internet dan inilah yang membuat YouTube populer dan berkembang pesat.

Ketiga pendiri sebelumnya tidak menyangka jika YouTube saat ini tumbuh sangat besar, namun berkat kerja keras semuanya kini menjadi mungkin dan “Ini seperti bebek yang dimakan seekor burung pelikan”.


5. Sebuah Budaya Asli
Hal ini penting karena beberapa alasan. YouTube selalu menjadi sarang kreatif dengan ide-ide dan persaingan dari satu pengguna ke pengguna lainnya. YouTube menjadi orient digital, tempat yang aneh karena selama bertahun-tahun, situs ini memperlihatkan kejadian-kejadian konyol terbaru yang ditujukan untuk meningkatkan ketenaran seseorang.

YouTube terus tumbuh dan memiliki miliaran halaman, antara lain sarana pengembangan kreatif, arsip musik, budaya, media massa, pemasok video berkualitas, dan lain sebagainya di dunia internet.

0 komentar:

Poskan Komentar