Pages

Sabtu, 10 Desember 2011

OS BlackBerry 10, Manjakan Para Developer

detail berita
Alec Saunders (F; Fiddy/okezone)
SINGAPURA - Sistem operasi (OS) BlackBerry terbaru dengan nama BlackBerry 10 diciptakan sebagai suatu langkah perombakan besar sebuah platform dan sangat memudahkan para developer atau pengembang aplikasi dalam membuat sebuah aplikasi.

OS BlackBerry 10 merupakan sebuah revolusi yang dilakukan Research in Motion (RIM) untuk membuat sebuah platform baru yang siap bersaing dengan platform lainnya. Saat ini RIM menyediakan akses yang mudah bagi para pengembang aplikasi dalam menciptakan sebuah layanan atau aplikasi.

Beberapa hal yang diberikan RIM kepada pengembang antara lain bahasa pemrograman atau koding ketika membuat aplikasi yang bersifat open platform dan memperbaiki tampilan antarmuka pengguna dengan menggunakan Cascade. Untuk bahasa pemrograman sekarang pengembang bisa menggunakan HTML 5 yang bisa berjalan di semua platform baik BlackBerry sendiri, Android dan iOS.

HTML 5 merupakan bahasa pemrograman yang bersifat global, sehingga sangat memudahkan pengembang untuk membuat aplikasi dan layanan. Tentunya ini juga keuntungan yang sangat besar bagi vendor karena akan memiliki banyak aplikasi di App Store mereka.

"Cascade merupakan tampilan antarmuka pengguna yang lebih baik, karena bisa menampilkan efek yang lebih baik dan mengagumkan, contohnya tampilan foto yang mengalir seperti air. Saat ini komunitas pengembang aplikasi di BlackBerry sangat besar dan bersifat terbuka," jelas Alec Saunders, VP Developer Relation & Ecosystem Development RIM, di Suntec International Convention & Exhibition Centre, Singapura.

"Kami tidak pernah memikirkan jumlah aplikasi yang terdapat di BlackBerry App World, tapi semua yang ada di sana adalah aplikasi-aplikasi yang unik dan tidak pernah sama. Berbeda dengan platform lain yang bicara banyaknya jumlah aplikasi, tapi jika disadari beberapa aplikasi mereka sama dan tidak semua terpakai," lanjutnya.

"Tentunya kami berupaya memberikan kemudahan dan kenyamanan pada semua pengembang dalam membuat konten, kami pun tidak segan-segan membagikan  perangkat yang kami miliki agar mereka bisa mencoba terlebih dahulu konten yang nantinya akan mereka masukan ke BlackBerry App World dan membuat sesuai karakter perangkat kami," simpulnya.

0 komentar:

Poskan Komentar