Pages

Selasa, 25 Oktober 2011

Fosil Binatang Purba Ditemukan di Madiun



Madiun, Indonesia (News Today) - Tim peneliti dari Balai Pelestarian Manusia Purba Sangiran, Jawa Tengah, menemukan fosil binatang purba selama delapan hari penggalian di situs manusia purba Kedungbrubus di Desa Bulu, Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Kepala Seksi Pemanfaatan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba Sangiran Sukronedi di lokasi Kedungbrubus, Madiun, Kamis (28/7/2011), mengatakan, total ada 19 fragmen fosil yang ditemukan. Sebanyak 15 fragmen fosil ditemukan pada saat survei dan empat fragmen fosil ditemukan pada waktu penggalian.

"Fragmen fosil ini sebagian besar kami temukan pada formasi kabuh (lapisan tanah yang terbentuk pada 700.000-800.000 tahun silam). Ini menandakan bahwa binatang purba yang kami temukan hidup pada masa Pleistosen," ujar Sukronedi.

Fragmen fosil yang ditemukan itu, antara lain, fragmen Plastron testudinata, yaitu tempurung bagian bawah hewan kura-kura, fragmen gigi geraham badak (Molar rhinoceros), fragmen tulang rusuk badak (Custae rhinoceros), dan fragmen gigi hewan pengerat (Insicivus rodentia), dan fragmen paha gajah (Femur stegodon).

Rencananya, seluruh fosil yang ditemukan akan dibawa ke Sangiran untuk disimpan di museum.

Penggalian dimulai pada Kamis (21/7/2011) dan dijadwalkan berakhir pada 30 Juli 2011. Tim peneliti beranggotakan arkeolog, ahli biologi, ahli geologi, dan ahli kimia.

0 komentar:

Poskan Komentar