Pages

Minggu, 09 Oktober 2011

Ini Dia Motor Tercepat di Dunia, Bisa Tembus 402 Km/Jam!

img


















Jakarta - Tua-tua keladi. Makin tua, makin jadi. Mungkin itu julukan yang tepat untuk Paul Anderson. Meski sudah berusia 56 tahun tersebut ngotot dengan ambisinya menciptakan sebuah motor tercepat.


Saat ini, Paul bersama sebuah tim yang merupakan kumpulan para insinyur pesawat terbang sedang mempersiapkan sebuah motor Harley-Davidson yang mereka racik sedemikian rupa. Motor yang dibangun di garasi Paul ini pun ditargetkan untuk mampu berlari cepat hingga kecepatan 250 mph atau sekitar 402,3 km/jam.

Dengan kecepatan itu, Paul berharap mampu mematahkan rekor kecepatan yang ada di tanah Inggris yang saat ini tercatat ada di kecepatan 222 mph atau sekitar 357,2 km/jam.

Sebagai seorang insiyur, Paul biasanya merancang sebuah pesawat Arbus. Namun bersama insiyur Airbus lain seperti Andrija Ekmedzic dan Richard Spencer, Paul berusaha merakit sebuah motor yang memiliki kecepatan tinggi.

Paul juga 'menyeret' sobatnya yang bernama Garry Morgan dan seorang mahasiswa berusia 16 tahun untuk ikut serta dalam proyek ambisiusnya ini.

"Ini bagai mainan bagi kami, jelas kami semua tertarik di bidang teknik dan berpikir ini akan menjadi cara yang bagus memadukan semua kemampuan kita bersama," ungkap Paul seperti detikOto kutip dari The Sun, Kamis (15/9/2011).

"Kami telah memanfaatkan teknologi terowongan angin untuk mengembangkan kecepatan motor dan juga telah menggunakan banyak perangkat lunak. (Tapi) Sepeda motor ini masih perlu bekerja lebih baik, kami berharap upaya kami di musim semi akan sukses," imbuhnya.

Beberapa hari yang lalu tim yang di pimpin Paul ini mencoba menyalakan motor ini di jalanan untuk pertama kalinya. "Kami memutuskan untuk memanggil motor ini Svarog, seorang dewa bangsa Slavia," imbuh Paul.

"Svarog dikenal sebagai pandai besi dan direpresentasikan sebagai roda yang terbakar, yang kita telah diambil sebagai simbol tim kami. Ini mungkin terdengar aneh tapi desainer utama kami adalah orang Serbia dan itu cocok dengan kami," lugasnya.

"Kami sudah menelepon tim Byzantine Racing, sebagai pengakuan atas semangat internasional kami. Karena orang-orang telah membantu kami berasal dari Serbia, Perancis, Spanyol dan Jerman, ini adalah kerja sama tim," tandasnya.

Upaya tim ini pun menurut Paul sudah sedemikian serius. Mereka tidak ingin main-main dalam menciptakan motor super cepat ini.

Bahkan selain ingin membuat motor ini menjadi motor tercepat di dataran Inggris, tim tersebut juga sedang bersiap untuk membuat sebuah jet darat yang diproyeksi dapat mencetak rekor kecepatan yang saat ini berada di angka 375 mph atau sekitar 603,5 km/jam.

0 komentar:

Poskan Komentar