Pages

Minggu, 09 Oktober 2011

Sudah Sikat Gigi, Mulut Kok Masih Bau?

img























Jakarta, Sikat gigi sudah, minum obat kumur dan makan permen mint juga sudah. Semua rekomendasi dari dokter gigi sudah dilakukan, tapi kenapa mulut masih bau ya? Ada beberapa penyebab bau mulut yang harus Anda tahu meski merasa mulut sudah bersih.

Dikutip dari Mamasource, Jumat (4/9/2009), ada 7 penyebab mulut masih bau meskipun sudah sikat gigi.

1. Masih ada partikel makanan yang terselip di mulut
Itulah perlunya menyikat gigi dengan benar, karena sedikit saja sisa makanan yang tertinggal masih bisa bikin bau mulut. Mereka yang memakai gigi palsu berisiko lebih besar memiliki bau mulut akibat berkembangnya bakteri dari sisa makanan.

2. Bakteri masih nempel di lidah
Orang biasanya rajin sikat gigi tapi lupa membersihkan lidah. Padahal, bakteri yang ada di lidah bisa menumpuk dan berkembang juga. Biasakan membersihkan lidah ketika warnanya sudah mulai berubah, karena itu tanda adanya bakteri di mulut.

3. Air liur dalam mulut kurang
Dalam mulut terdapat air liur, dan tanpa produksi liur yang cukup, mulut akan menjadi bau. Alkohol, kafein, dehidrasi atau efek samping obat bisa menyebabkan air liur berkurang dan mulut menjadi kering.

Minum air putih yang banyak atau kunyahlah permen karet untuk memicu produksi air liur. Hindari menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol karena hanya akan menambah masalah.

4. Kurang konsumsi karbohidrat
Ketika tubuh kurang mendapat asupan karbohidrat, pembakaran dalam tubuh untuk menghasilkan energi digantikan oleh cadangan lemak yang disebut ketosis. Akibatnya, tubuh akan mengambil air lebih banyak dari bagian tubuh lainnya, termasuk air liur, dan itu menyebabkan mulut kering dan bau.

5. Kondisi medis
Penyakit-penyakit seperti gigi rusak, infeksi pernafasan, pencernaan atau penyakit hormonal bisa menyebabkan bakteri berkembang lebih banyak dalam mulut. Konsultasikan dengan ahlinya untuk mengatasi bau tersebut.

6. Anda sedang stres
Stres biasanya berhubungan dengan masalah pencernaan dan bisa mengganggu kehigienisan mulut dan saraf-saraf di sekitarnya. Berlatihlah mengambil nafas dalam-dalam, jalan-jalan bersama binatang piaraan atau ikutilah kelas yoga untuk menghilangkannya.

7. Anda adalah perokok
Tar, nikotin dan kandungan dalam rokok bisa membuat nafas Anda tidak segar. Ketika Anda merokok, kelembaban dalam mulut pun akan berkurang dan itu adalah gejala awal dari bau mulut. Selama Anda masih punya kebiasaan merokok, mulut pun berisiko bau.

Cobalah minum cider (sari buah) apel atau gunakan baking soda dan air garam untuk mengatasi mulut yang bau.

0 komentar:

Poskan Komentar