Pages

Jumat, 07 Oktober 2011

Kunyit Bantu Cegah Kanker Hati
















SEBUAH studi baru menemukan bahwa kunyit, rempah-rempah yang biasa digunakan untuk menambah rasa dan warna makanan, memberikan efek kemopreventif yang signifikan terhadap kanker hati.

Ketika kunyit diberikan kepada tikus dengan diethylnitrosamine (DEN) yang menyebabkan kanker hati, terjadi penghambatan proliferasi sel dan stimulasi apoptosis. Karsinoma hepatoseluler (HCC) atau kanker hati, adalah jenis kanker kelima yang paling umum dan penyebab utama ketiga kematian kanker di dunia.

Sebelumnya, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit mengandung zat antioksidan, antikanker, dan antiinflamasi. Tim peneliti diberikan kunyit ke hewan percobaan dengan dosis 75mg/kg, 150 mg/kg, dan 300 mg/kg per hari selama dua minggu setelah injeksi DEN dan dilanjutkan selama 22 minggu.

Hasilnya menunjukkan kunyit secara signifikan mengurangi jumlah dan kejadian pembengkakan hati. Pada hewan yang menerima dosis tertinggi terjadi penghambatan pembengkakan hati secara signifikan.

"Temuan kami menunjukkan kunyit yang memberikan efek perlindungan antikanker dengan mendorong kematian sel (apoptosis), menghambat proliferasi sel kanker, dan mencegah peradangan," pungkas Prof Amr Amin dari Uni Emirat Arab University, seperti dikutip dari Times of India, Selasa (23/8). Penelitian lebih rinci muncul dalam Hepatology edisi September 2011

0 komentar:

Poskan Komentar