Pages

Minggu, 16 Oktober 2011

Mari Bermalam di Luar Angkasa



Moskow (News Today) - Mari bermalam di antariksa. Mungkin inilah ajakan yang secara implisit diungkapkan Rusia. Perusahaan pemerintah negara itu, Energia, bekerjasama dengan perusahaan start-up bernama Orbital Technologies berencana membangun hotel di luar angkasa.


Rencana itu pertama kali diungkapkan tahun lalu. Kini, rencana dua perusahaan itu makin mantap saja. Seperti diberitakan Foxnews, Rabu (17/8/2011) kemarin, mereka sudah menyiapkan desain hotel dan paket pengalaman yang bisa dinikmati tamunya.


Sergei Kostensko, chief executive Orbital Technologies mengatakan, "Modul hotel yang kami rencanakan tak akan mengingatkan anda pada International Space Station (ISS). Hotel harus memberikan kenyamanan di dalamnya dan memungkinkan melihat Bumi lewat 'jendela' yang banyak."


Pengalaman melihat Bumi dari hotel tersebut dijanjikan sebagai pengalaman yang tak terlupakan. Hampir seluruh pemandangan Bumi yang dipotret astronot di ISS bakal bisa dilihat, mulai Bumi yang bulat dan biru hingga pemandangan Matahari terbit yang berbeda.


Hotel juga menjanjikan pengalaman kuliner yang unik. Salah satu paket menunya adalah pipi sapi rebus yang dihidangkan dengan jamur, kacang putih yang dihaluskan dan manisan buah plum. Semua makanan akan dimasak di Bumi dan akan dipanaskan dengan microwave sebelum dihidangkan.


Tamu hotel bisa memilih 2 kamar, vertikal dan horizontal. Kamar juga akan dilengkapi shower, tapi didesain sehingga penggunaan air efektif. Flush toilet tidak memakai air untuk membuang kotoran, tapi memakai udara. Agar hotel tak bau, udara akan disaring sebelum memasuki kabin.


Karena menawarkan pengalaman unik, maka harganya pun juga demikian. Jadi, jangan kaget. Total biaya pesawat dan menginap di hotel selama 5 hari ialah sekitar 8,5 miliar rupiah. Sejumlah 1,5 miliar untuk biaya pesawat PP dan sekitar 7 miliar untuk hotel.


Kapan pengalaman ini bisa dinikmati? Di Reuters tahun lalu (30/9/2010), Alexander Derechin dari Energia mengatakan, "Saya pikir kami belum bisa mewujudkan rencana ini sebelum 2015, tapi kita juga tak harus menunggu lama setelah itu." Foxnews memberitakan, tahun 2016 hotel sudah dibuka.


Proyek hotel di luar angkasa ini menelan dana yang pasti tak sedikit. Orbital Technologies belum mengatakan jumlah investasinya, namun mereka percaya keuntungan bisa diraih. "Pasti kami mengharapkan keuntungan, ini murni bisnis," katanya pada AP tahun lalu (29/9/2010).


Bagi yang mampu menjangkau biaya itu, tawaran pengalaman ini sangat pantas untuk dicoba. Sejauh ini, hanya satu kenikmatan di Bumi yang tak bisa dinikmati di hotel ini, meminum alkohol. Selebihnya, tamu bisa bereksplorasi.

0 komentar:

Poskan Komentar