Pages

Rabu, 26 Oktober 2011

Tips Gunakan Shortcut di BlackBerry

Kadang merasa kesulitan saat menggunakan berbagai fitur BlackBerry? Coba gunakan berbagai macam shortcut, agar terasa lebih mudah dan cepat mengakses fitur – fitur tertentu.  Caranya pun cukup mudah, hanya mengandalkan berbagai tombol yang ada di jajaran tombol qwerty. Dengan begitu Anda pun akan terlihat lebih mahir dalam mengoeprasikan BlackBerry. Dan berikut ini beberapa shortcut yang bisa dicoba. 


1. Terkadang kita ingin kembali membuka website yang pernah dikunjungi. Sayangnya tidak ingat apa alamat website tersebut. Mudah saja, cukup masuk ke fitur History yang ada di browser. Dan ada cara cepat untuk masuk ke History, yaitu tekan tombol huruf ‘Y’

2. Ada kondisi atau tempat tertentu yang mengharuskan untuk tidak membunyikan perangkat komunikasi. Seperti saat rapat atau saat berada di dalam rumah ibadah. Ada cara cepat untuk membuat ponsel beralih ke mode Vibrate (getar). Caranya tekan dan tahan beberapa lama tombol huruf ‘Q‘. Untuk mengembalikannya lagi, tekan dan tahan tombol ‘Q’ lagi.

3. Ketika sedang memasukan alamat email seseorang, ada cara cepat untuk mengetikkan tanda ‘@’, yaitu dengan menekan tombol Space.

4. Biasanya untuk memasukkan huruf besar saat mengetik pesan, dengan cara menekan tombol Shift. Ternyata ada cara lainnya, yaitu dengan menekan dan menahan beberapa saat tombol huruf yang dimaksud.

5. Saat sedang masuk ke dalam menu Clock, ada beberapa shortcut untuk masuk ke dalam fitur yang berhubungan dengan Clock. Seperti tekan tombol huruf ‘T’ untuk masuk ke fitur Timer, tekan ‘S’ untuk Stopwatch dan tekan ‘C’ untuk ke fitur Clock.

6. Saat sedang browsing, coba tekan tombol ‘R’ maka browser akan me-refresh halaman website. Atau  tekan tombol huruf ‘I’ untuk melakukan Zoom In (memperbesar tampilan halaman situs) dan tekan tombol huruf ‘O’ untuk melakukan Zoom Out.

7. Saat berada di menu Message, coba tekan tombol ‘Alt+I’ untuk hanya menampilkan pesan yang masuk (received message).  Atau tekan tombol ‘Alt+O’  untuk hanya menampilkan pesan yang pernah dikirim (sent message).

8. Saat sedang membaca email, dan ingin mengetahui alamat email si pengirim, ada cara cepat yang bisa dilakukan. Yaitu sorot nama pengirim di email lalu tekan tekan tombol huruf ‘Q’.

9. Saat mengirim sedang mengetikkan pesan, coba deh ketik ‘myver’ lalu diikuti dengan menekan tombol Space. Maka akan muncul tipe Blackberry yang digunakan dan versi sistem operasi (OS) nya.

10. Saat sedang berada di menu Message, bisa untuk menapilkan daftar aktifitas bertelepon atau phone calls (misalnya missed calls dan lainnya). Caranya cukup tekan tombol ‘Alt’ lalu diikuti tombol ‘P’ (Alt+P).

11. Ketika sedang mengetikkan pesan, ada cara lain untuk memberi huruf titik di penghujung kalimat tanpa harus mengetikkan tombol titik (.). Dan sekaligus memberi jarak untuk siap mengetik kalimat selanjutnya. Caranya yaitu dengan menekan tombol Space dua kali.

12. Saat mengetik BBM (BlackBerry Messenger), terkadang kita ingin mengetik kalimat yang agak panjang dan perlu untuk berpindah baris untuk mengetikkan kalimat selnajutnya. Nah, untuk berpindah baris saat mengetik BBM itu caranya yaitu dengan menekan tombol ‘Shift’ dan diikuti tombol ‘enter’.

13. Saat berada di Inbox, ada beberapa shotcut yang bisa digunakan. Yaitu tekan tombol ‘N’ untuk menampilkan pesan yang masuk pada hari berikutnya (next day), atau tekan tombol ‘P’ untuk hari sebelumnya (previous day). Bisa juga tekan tombol ‘T’ untuk menampilkan pesan yang paling atas (top message), atau tekan tombol ‘B’ untuk pesan yang paling bawah (bottom message).

14. Ketika sedang mengetikkan pesan (email, SMS, dll), ada cara cepat untuk memasukkan tanggal atau waktu, tanpa harus mengetikkannya. Caranya dengan mengetikkan LD , lalu tekan tombol Space, untuk memasukkan tanggal. Dan ketikan LT , lalu tekan tombol Space untuk memasukkan jam.

15. Terkadang kita ingin mengetikkan pesan dengan huruf besar semua. Agar tidak bolak-balik menekan tombol Shift, lebih baik dikunci saja tombol Shift tersebut. Caranya dengan menekan tombol ‘Alt’ diikuti tekan tombol ‘Shift’ yang ada di sebelah kanan pada jajaran tombol qwerty.

16. Ingin mengetahui info detil seputar BlackBerry yang digunakan ? Seperti versi OS Blackberry, nomor PIN , nomor IMEI , kapasitas memori tersisa, dan lainnya. Ada cara mudah untuk melakukannya, yaitu saat berada di halaman awal tekan tombol ‘Alt’ berbarengan dengan tombol ‘Shift’ dan tombol ‘H’.

0 komentar:

Poskan Komentar