Pages

Rabu, 30 November 2011

iPhone 5 atau iPhone 4S? Ini Rumor Lengkapnya

Apple diperkirakan akan meluncurkan Apple terbaru dalam beberapa jam mendatang.

 

Apple secara resmi mengatakan akan menggelar jumpa pers khusus di kantornya, Cupertino, California, Amerika Serikat, 4 Oktober. Dalam beberapa jam mendatang, kemungkinan besar Apple akan memperkenalkan iPhone terbaru, yang memang telah lama dinanti.

Sejumlah pihak menyebut, Apple akan meluncurkan iPhone 5. Namun, ada juga yang menyebut Apple hanya akan meluncurkan iPhone 4S, sebagai iPhone terbaru dengan harga yang lebih murah dari iPhone 4.

Sejumlah laman teknologi memang banyak membocorkan mengenai seperti apa iPhone 5 atau iPhone 4S terbaru. Seperti dikutip dari laman TechCrunch, berikut sejumlah rumor yang telah beredar mengenai iPhone terbaru.

1. Harga iPhone 4S akan lebih terjangkau?
Argumen: Bocoran yang didapat Gizmodo menyebutkan, prototipe iPhone banyak yang memperlihatkan bahan plastik, ketimbang gelas dan alumunium. Temuan ini didapatkan di Brazil.

Selain itu, Apple diperkirakan akan mengantisipasi persaingan dengan Android dan Windows Phone 7 yang menjual smartphone dengan harga jauh lebih terjangkau.

Kesimpulan: Bocoran tentang bahan plastik masih belum dapat dipercaya sumbernya. Selain itu, Apple juga sudah 15 bulan tidak meluncurkan iPhone terbaru. Tentu tugas berat bagi Apple untuk meluncurkan produk dengan sejumlah perbaikan, tapi dengan harga lebih terjangkau.

2. iPhone 5 akan muncul dengan tampilan lebih tipis?
Argumen: Sejumlah case iPhone yang lebih tipis terungkap di sejumlah laman teknologi, selama Apple mempersiapkan iPhone terbaru. Produk terbaru biasanya juga lebih tipis dari sebelumnya. Apple pun sepertinya ingin desain iPhone terbaru serupa dengan iPad.

Kesimpulan:
Bantahan dari argumen itu memang sulit dilakukan. Sejauh ini, Apple juga belum pernah membuat produk yang lebih tebal atau desain sama seperti sebelumnya.

3. Layar lebih lebar?
Argumen: Layar iPhone yang hanya seukuran 3,5 inch dianggap terlalu kecil, apalagi jika dibandingkan dengan smartphone andalan Motorola, Samsung, dan LG. Selain itu, sejumlah bocoran juga memperlihatkan case yang lebih lebar dan panjang. Adapun yang lebih penting, riset memperlihatkan banyak yang berharap layar lebih besar di iPhone.

Kesimpulan:
Sejumlah aplikasi mungkin akan menyesuaikan jika iPhone terbaru memperbesar layar. Tapi, Apple tidak bisa menafikan bahwa smartphone yang populer saat ini memiliki ukuran layar lebih besar dari 3,5 inch. Jika badan makin tipis, layar lebih besar tentu tidak menjadikan iPhone baru terlihat lebih besar.

4. LCD Tanpa Tepian?
Argumen: Apple selama ini dikenal melakukan banyak inovasi dan mengimlementasikannya di LCD. LCD tanpa tepi ini pun akan menjadikan 'sentuhan' tersendiri di iPhone 5.

Kesimpulan:
Secara finansial, layar tanpa tepian ini berarti biaya produksi lebih besar. Selain itu, jika tanpa tepi, muncul kekhawatiran layar mudah rusak.

5. Chip Near Field Communication?
Argumen: Chip NFC diperkirakan akan menjadi masa depan chip. Sejumlah smartphone berbasis Android terbaru pun akan menggunakan chip NFC, yang juga akan sesuai dengan sistem pembayaran Google Wallet.

Kesimpulan:
Teknologi NFC masih perlu banyak penyesuaian dan perbaikan. Selain itu, Apple tentu menunggu penawaran dari sejumlah perusahaan pembayaran yang menerapkan cara pembayaran seperti Google Wallet yang mengandalkan NFC. Mungkin tidak akan ada chip NFC di iPhone terbaru ini.

6. Prosesor Dual-core A5?
Argumen: Apple tentu membutuhkan CPU yang lebih cepat dalam iPhone terbarunya. iOS 5 pun akan memiliki banyak sejumlah kelebihan dengan CPU yang lebih cepat dan menggunakan dual-core.

Kesimpulan:
CPU yang lebih bertenaga akan menghabiskan banyak baterai. Selain itu, Apple sepertinya masih akan menggunakan A4, seperti rumor yang akan digunakan di iPhone 4S.

7. Tombol Home baru?

Argumen: Sejumlah bocoran memperlihatkan tampilan depan iPhone terbaru, dengan case yang beda untuk tombol Home.

Kesimpulan:
Sepertinya Apple tetap akan menerapkan prinsip desain "Keep It Simple, Stupid", atau desain sederhana. Tombol home baru juga akan berpengaruh terhadap apps. Sepertinya Apple akan menerapkan yang lama.

8. Kamera 8MP?
Argumen: Selama ini, Apple selalu menambah MP dalam iPhone terbaru. Sebuah foto juga memperlihatkan foto 8MP, dengan metadata dari iPhone 5.

Kesimpulan:
Besaran MP tidak meningkatkan kualitas gambar. Selain itu, sensor kamera juga mengecil jika MP membesar. Tentu itu akan jadi pertimbangan Apple.

9. Dual Mode GSM/CDMA?

Argumen:
iPhone terbaru akan menggunakan Qualcomm Gobi Baseband, yang bisa berjalan di GSM dan CDMA. Versi unlocked Apple juga diharapkan bisa meningkatkan penjualan iPhone terbaru.

Kesimpulan:
Sulit untuk mengharapkan ini. Karena butuh banyak dana untuk riset dan pengembangan. Selain itu, dual-mode mobile radios juga masih jarang.

0 komentar:

Poskan Komentar