Pages

Senin, 07 November 2011

Tips Restart Handphone Jarak Jauh via Bluetooth

Pernahkah Anda mendapat pesan permintaan sharing bluetooth dari alamat yang tidak dikenal saat duduk disebuah café atau tempat umum lainnya? Berhati-hatilah dengan permintaan itu karena bisa jadi handphone Anda tiba-tiba di-restart orang lain dari jarak jauh.

Memang, bluetooth punya kemampuan melakukan aktivitas itu. Selain bluejacking -menyelusup menggunakan bluetooth pada handphone lain-, bluetooth juga dapat digunakan sebagai sarana me-restart handphone lain dari handphone Anda. Caranya sederhana. Cukup mengubah nama bluetooth, dengan karakter tertentu pada halaman pengaturannya, maka Anda dapat me-restart handphone teman Anda. 

Tips ini hanya dapat dilakukan pada handphone yang memiliki sistem operasi Symbian, jadi jangan kaget bila ternyata Anda gagal melakukan restart handphone jarak jauh pada handphone dengan sistem operasi selain Symbian.        

Untuk melakukan tips ini, kita membutuhkan bantuan komputer untuk menuliskan teks sederhana. Lalu ikuti langkah – langkah seperti di bawah ini:

1.   Bukalah Notepad kemudian ketik " (tanda kutip) lalu tekan tombol [Tab] dan ketiklah Restart kemudian tekan tombol [Tab] dan akhiri dengan " (tanda kutip). Contohnya: " Restart ". Dalam fase ini hal yang harus diingat adalah setelah tanda kutip yang harus Anda tekan adalah tombol [Tab], bukan tombol space.

2.   Setelah itu, simpan file tersebut dengan nama restart.txt atau nama lain yang Anda sukai. Kirim file tersebut ke handphone Anda.

3.   Nah, langkah selanjutnya adalah membuka file restart.txt tadi di handphone Anda.  Copy teks yang tadi Anda ketikkan.

4.   Berikutnya, masuklah pada halaman pengaturan bluetooth pada handphone Anda. Pada kolom My Phone Name pindahkan teks yang tadi Anda copy. Lakukan dengan pemindahan teks tadi dengan paste.

Pada langkah ini Anda akan menemukan tulisan yang Anda pindahkan tadi menjadi kacau. Dengan kata lain alphabet yang Anda masukan menjadi tidak teratur dan mengandung karakter-karakter khusus. Jangan panik, hal tersebut menandakan bahwa Anda berhasil melakukan manipulasi nama identitas bluetooth.

Nah, sampai disini proses persiapan telah selesai. Tutup atau deaktivasikan bluetooth Anda. Untuk menguji keberhasilan langkah-langkah yang barus kita lakukan, mintalah teman Anda untuk menyalakan bluetoothnya.

Bila semuanya berjalan dengan benar, maka handphone teman Anda akan melakukan restart seketika saat melakukan proses pencarian perangkat bluetooth lain di sekitarnya. Ini bisa terjadi karena pada prinsipnya Symbian memiliki keterbatasan pengenalan karakter pada handling modul bluetooth. Saat bluetooth pertama kali diaktifkan,  Symbian akan mendeteksi keberadaan bluetooth lain yang (juga) aktif. Nah, ketika surface systemnya berusaha berpasangan dengan bluetooth Anda, Symbian tidak bisa menampilkan device Bluetooth-nya.

Hal tersebut dikarenakan Symbian tidak pernah mengenal karakter Tab. Hal ini akan mengakibatkan ERROR sehingga dia akan melakukan restart system secara otomatis. Oleh karena itu, saat menuliskan perintah restart pada halaman notepad, Anda diminta memasukan karakter [Tab] dan bukan spasi.

Nah, sekarang Anda dapat menggoda teman dengan me-restart handphonenya dari jarak jauh. Namun demikian, Anda tetap harus bijaksana dalam melakukan aktivitas ini. (Iwan)

0 komentar:

Poskan Komentar