Pages

Sabtu, 10 Desember 2011

Google Doodle Rayakan Ultah Bapak Mural Meksiko

detail berita
Capture Google Doodle
JAKARTA - Google Doodle yang kerap memperingati hari-hari istimewa, kali ini merayakan ulang tahun ke 125 Diego Rivera, seorang seniman berkebangsaan Meksiko.

Untuk memperingati hari kelahiran Rivera, mesin pencari Google hari ini menampilkan gambar orang yang sedang melukis di sebuah dinding.

Lahir di Guanajuato, Meksiko pada 1886, Rivera dianggap sebagai pemimpin mural di Negaranya yang cenderung mengekspos rakyat jelata melalui lukisan-lukisannya di gedung-gedung publik. Dia juga menjadi sosok yang membawa mural (lukisan dinding) bergaya fresco ke dalam seni modern dan arsitektur.

Dilansir Guardian, Kamis (8/12/2011), karya muralnya, yang menceritakan kembali sejarah bergejolak di Meksiko, menghiasi dinding-dinding bangunan di ibukota. Rivera juga ditugaskan untuk melukis mural besar di Amerika Serikat (AS).

Diantara karya-karyanya yang paling terkenal adalah lukisan mural di dinding Detroit Institute of Art, yang merayakan kaum pekerja Amerika, terutama pekerja di lini produksi mobil. Lukisan mural ini diselesaikan pada 1933.

0 komentar:

Poskan Komentar