Pages

Jumat, 24 Juni 2011

Jepang Kembangkan 'Kapsul Ajaib' Untuk Dunia Medis

Peneliti Jepang mengatakan bahwa mereka telah mengembangkan endoskopi kapsul yang dapat bergerak sendiri melalui pengendali jarak jauh yang dapat berenang melalui saluran pencernaan manusia.

"Mereka telah berhasil mengambil gambar dalam perut dan usus seseorang dengan menggunakan kapsul berbentuk kecebong sebagai langkah awal menuju aplikasiklinis," ujar para ilmuwan. Demikian seperti yang dilansir dari The Straits Times, Rabu (22/6/2011).

"Untuk pertama kalinya dalam sejarah, sebuah endoskopi dapat bergerak sendiri serta berhasil berpindah-pindah dari satu bagian saluran pencernaan ke bagian pencernaan lain dan dapat merekam gambar di dalam usus besar," tambah mereka.

Kapsul yang dijuluki 'Mermaid' tersebut berdiameter 1 cm, dengan panjang 4.5 cm dan memiliki alat kemudi magnetik yang memungkinkan pengendalian ke arah dan lokasi yang tepat.

Dokter dapat menggunakan joystick yang berguna untuk mengontrol gerakan kapsul dan dapat diamati secara langsung melalui layar monitor. Penggunannnya dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dapat ditelan untuk pemeriksaan perut atau dimasukkan melalui dubur untuk usus besar.

"Penelitian ini diumumkan pada konferensi internasional mengenai penyakit pencernaan di Chicago, Illinois, pada bulan Mei," ungkap ilmuwan dari Ryukoku University dan Osaka Medical College.

0 komentar:

Poskan Komentar