Pages

Senin, 03 Oktober 2011

Sampah Kulit Jeruk Bisa Jadi Bahan Bakar

London - Limbah kulit jeruk ternyata dapat dibuat menjadi bahan bakar untuk kendaraan. Para ilmuwan di seluruh dunia berusaha keras untuk menemukan cara, agar dapat memenuhi tuntutan permintaan atas kelangkaan bahan bakar. 

Kini, seorang ilmuwan Inggris telah menemukan cara revolusioner untuk mengubah kulit jeruk menjadi minyak, menggunakan microwave, Selasa (20/9).
Profesor James Clark di University of York, AS, menemukan fakta bahwa microwave bertenaga tinggi bisa memecah molekul dalam kulit buah. Cara ini dilakukan untuk melepaskan gas dari kulit jeruk, yang dapat dikumpulkan dan disaring menjadi produk cair. Gas-gas berharga inilah yang kemudian digunakan untuk menghasilkan produk minyak, plastik, bahan kimia dan bahan bakar.
Profesor Clark mengklaim metode microwave juga dapat digunakan pada berbagai limbah tumbuhan untuk membuat bahan bakar atau produk lainnya. Mereka termasuk jerami, kuit biji mete, kulit apel, kopi atau sekam padi.
"Limbah kulit jeruk adalah contoh yang sangat baik dari sumber daya yang terbuang. Di Brasil, produsen jus jeruk terbesar di dunia, sebagian buah jeruk yang tersisa menjadi sampah setelah menghasilkan jus. Ini sama dengan delapan juta ton kulit jeruk per tahun yang dapat digunakan untuk memproduksi bahan kimia dan bahan bakar, "katanya

0 komentar:

Poskan Komentar