Pages

Kamis, 06 Oktober 2011

Siswa SMP Bogor Ciptakan Browser Sendiri


JAKARTA - Di antara banyak booth di INAICTA 2011, salah satu yang menarik adalah sebuah booth browser lokal yang dibuat oleh seorang siswa SLTP.

Adalah Rozaq Adi Sagoro, seorang siswa kelas 2 dari SLTPN 4 Bogor, yang membuat browser sendiri yang bernama BlackCat. "Browser ini saya buat dua pekan sebelum pameran INAICTA 2011," ujar Rozaq, yang ditemui okezone, di JCC, Rabu (5/10/2011).

Dikatakan oleh Rozaq bahwa browser BlackCat buatannya hampir sama kemampuannya dengan browser lain, hanya saja browser tersebut baru bisa berfungsi pada OS Windows 7 dan Windows Vista. Nama 'BlackCat' sendiri didapat oleh Rozaq setelah ia berdiskusi panjang dengan kakaknya.

Salah satu keunggulan browser BlackCat menurut Rozaq adalah tampilan antarmuka atau UI-nya yang warna-warni, sesuai dengan tema untuk usia remaja. Browser BlackCat menurut Rozaq baru bisa digunakan hanya untuk PC, belum untuk mobile.

Selain itu, Rozaq mengaku bahwa dalam membuat browser tersebut ia hanya melihat tutorial yang tersebar banyak di internet. Browser BlackCat karya Rozaq juga terpilih sebagai salah satu nominator pemenang untuk kategori Application di INAICTA 2011.

"Browser BlackCat baru pertama kali dipamerkan dan dibagikan secara gratis di acara INAICTA 2011," ungkap Rozaq, seraya menambahkan bahwa ia juga berniat untuk mempatenkan hasil karyanya tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar