Pages

Sabtu, 29 Oktober 2011

Sulit Mengingat? Gunakan Tangan Anda

(News Today) - Sedang berusaha mengingat sesuatu untuk disampaikan? Jika mengerutkan kening saja sepertinya kurang cukup, coba gerak-gerakkan tangan Anda.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh pakar di bidang neurologi dan psikologi kognitif, menggunakan anggota badan ternyata dapat membantu dalam menyelesaikan beberapa masalah, terutama tangan. "Gerakan yang dilakukan oleh tubuh adalah salah satu sumber yang dapat membuat proses kognitif di dalam otak berjalan lebih lancar," kata profesor psikologi Martha Alibali dari University of Wisconsin.

Riset yang dilakukan Alibali dan rekannya, Robert C. Spencer, memperlihatkan, ketika responden menggunakan kedua tangannya sebagai alat bantu simulasi, hasil jawaban yang diberikan lebih baik daripada ketika kedua tangannya diikat. Gerakan tangan ini sangat efektif untuk membantu otak mencari jawaban atas pertanyaan yang sifatnya abstrak atau matematis.

"Temuan ini juga menegaskan hubungan antara pikiran dan tubuh terhadap aspek kemampuan spasial," kata Alibali. "Saat berpikir, kita sering menggunakan perumpamaan yang sifatnya visual-spasial untuk menyelesaikan masalah dan menggambarkan sesuatu. Bahkan untuk hal-hal yang sifatnya tidak nyata. Misalnya, menggerakkan tangan ke atas saat menambah, dan ke bawah saat mengurangi. Atau, mengangkat tangan ke atas untuk menjelaskan suasana hati yang baik dan menurunkannya untuk menggambarkan bad mood," tambah Alibali.

Jika hal ini dapat selalu diterapkan dalam mengingat sesuatu ataupun mengeluarkan informasi itu kembali, hasil yang didapat akan lebih baik. Jadi, sering-seringlah gunakan tangan Anda saat mengingat, ya!

0 komentar:

Poskan Komentar