Pages

Rabu, 26 Oktober 2011

Tips 10 Cara Hemat Baterai iPhone

iPhone memang begitu sensasional sebagai smartphone, mulai dari dukungan aplikasi, game, musik, hingga sensor yang melengkapi sangat menarik perhatian. Tapi, semua itu akan banyak menguras baterai. Apalagi bila Anda tergolong “heavy user” bisa jadi charger harus menemani ke mana saja untuk mengasup tenaga baterai yang terkuras. Meski, secara resmi iPhone mengklaim memiliki waktu standby hingga 300 jam. Menyadari hal itu, di situs resminya iPhone memberikan tips menghemat baterai sebagai berikut:

1. Minimalkan penggunaan location services
Aplikasi yang menggunakan location services seperti Maps akan menguras baterai. Untuk menon-aktifkannya masuk ke menu Settings> General > Location Services or use location services only when needed. Dan, anda bisa aktifkan saat memerlukannya saja.

2. Menarik email secara manual
Email yang masuk bisa diatur dalam beberapa jeda atau interval. Bila semakin sering interval untuk menarik email, maka makin cepat baterai terkuras. Untuk menghematnya kita bisa setting mengecek email secara manual, caranya dari Home screen > Settings > Fetch new data, lalu tap manual.

3. Matikan layanan push email
Bila Anda tak terlalu membutuhkan layanan push email dari Yahoo!, MobileMe, atau Microsoft Exchange, sebaiknya dinonaktifkan, caranya: masuk ke Settings > Fetch New Data, lalu atur Push dalam posisi off.

4. Minimalkan aplikasi third party
Banyaknya aplikasi yang diinstal seperti game, menyebabkan layar tak bisa “istirahat” sehingga lebih banyak menyedot baterai.

5. Matikan Wi-Fi
Bila Anda jarang menggunakan Wi-Fi, sebaiknya matikan. Tapi, bila Anda sering menggunakan iPhone untuk browsing, baterai lebih tahan lama menggunakan WiFi daripada jaringan selular.

6. Matikan Bluetooth
Begitupun dengan konektivitas nirkabel yang satu ini, pastikan dalam keadaan mati jika tidak digunakan.

7. Alihkan ke airplane mode bila sinyal lemah
Pada area yang sinyalnya lemah, secara otomatis iPhone akan selalu berusaha terhubung dengan jaringan selular, sehingga membutuhkan daya yang lebih besar. Daripada cuma dapat sinyal yang kembang kempis lebih baik alihkan pada airplane mode, memang konsekuensinya kita tidak bisa berkomunikasi. Tapi, baterai akan bertahan lebih lama.

8. Mengatur brightness layar
Meredupkan layar adalah salah satu cara untuk menghemat baterai, caranya masuk ke menu Settings > Brightness > geser slider ke arah paling kiri untuk agar layar lebih redup. Tapi, pastikan layar masih bisa terbaca oleh Anda. Selain itu Anda juga bisa atur brightness secara otomatis mengikuti kondisi cahaya lingkungan sekitar, caranya masuk ke menu Settings > Brightness, lalu setting auto-brightness pada posisi ON.

9. Matikan equalizer
Ternyata setting equalizer juga dapat memboroskan baterai iPhone saat memutar lagu. Untuk menon-aktifkannya masuk ke menu Settings > iPod > EQ lalu tap Off. Catatan: Bila Anda memiliki lagu yang sudah ditambahkan equalizer langsung dari iTunes, maka di iPhone dapat diatur Flat equalizernya.

10. Matikan jaringan 3G
Menggunakan jalur 3G memang lebih mengakses data, tapi juga lebih cepat menguras baterai apalagi bila berada di area 3G yang sangat terbatas. Untuk menon-aktifkan jalur 3G dari Home screen pilih Settings > General > Network > lalu pilih enable 3G pada posisi OFF. Dengan begitu Anda masih bisa menerima dan membuat panggilan telepon serta akses data lewat EDGE atau GPRS.

0 komentar:

Poskan Komentar