Pages

Sabtu, 24 Desember 2011

9 Tips Melawan Jetlag


Apakah anda termasuk orang yang sering harus “living on a jet plane?” saking sibuknya anda, anda terpaksa sering bepergian ke luar negeri, naik pesawat, melintasi berbagai zona waktu. Akibatnya sudah jelas sekali, jet lag, yang membuat anda gampang marah, grogi, dan yang paling berbahaya adalah gangguan tidur. Berikut adalah cara untuk membantu mengatasi hal tersebut.


1. AKLIMATISASI.
Jika perjalanan anda lebih dari satu hari, coba melakukan aklimatisasi dengan cara mengikuti jadwal makan dan tidur di daerah tujuan anda, 3 hari sebelum keberangkatan. 3 hari sebelum kembali, lakukan aklimatisasi balik

2. TERBANG SEHARI LEBIH AWAL.
Jika jadwal meeting anda adalah Senin, maka usahakan Sabtu malam, atau Minggu pagi, anda sudah tiba di tujuan. Hal ini sangat membantu waktu biologis anda, cara ini banyak dipakai dan banyak berhasil.

3. MINUM.
Banyak minum air, hindari alkohol, kopi, teh, dan minuman berkafein pada saat penerbangan. Minuman-minuman tadi akan membuat anda dehidrasi dan mengacaukan jam biologis anda, sehingga malah memperbesar efek jet lag anda.

4. TERBANG DENGAN KELAS BISNIS ATAU UTAMA.
Jika anda harus segera berangkat dan harus cepat2 meeting dan segera bertemu klien, dengan kata lain waktu aklimatisasi sangat terbatas, atau bahkan tidak ada, gunakan penerbangan yang membuat anda nyaman, sehingga anda bisa tidur dan membantu anda untuk beristirahat, sehingga pada saat anda sampai di tujuan, anda siap dan fokus.

5. MAKAN MAKANAN BERKARBOHIDRAT TINGGI.
Makan pada malam sebelum anda berangkat. Karbohidrat akan memberikan otak sumber triptophan, semacam pembantu tidur bagi anda. Hal ini sangat membantu, terutama jika anda terbang ke arah barat.

6. SARAPAN EGG BENEDICT.
Makanan berprotein tinggi pada saat sarapan di tempat tujuan, akan membantu otak anda semakin awas sepanjang hari.

7. BAWA ALAT OLAHRAGA ANDA.
Kebanyakan hotel bagus menyediakan ruangan fitness dan kolam renang. Coba jadwalkan olahraga 30 menit di perjalanan. Anda akan merasa lebih baik dan mudah tidur.

8. HINDARI KELELAHAN OTAK.
Hindari perjalanan panjang atau membuat keputusan penting dalam waktu 24 jam setelah kedatangan anda, karena jet lag akan membuat kemampuan berpikir dan bereaksi anda melemah.

9. GELAPKAN DAN DINGINKAN RUANGAN.
Jendela kamar hotel anda memberi pemandangan indah. Tapi lebih baik anda pergunakan gorden untuk meredam cahaya di jam anda ingin tidur. Turunkan juga suhu ruangan. Cara ini akan membantu anda menipu jam biologis anda, dan akan membuat tubuh anda mau tidur.


0 komentar:

Poskan Komentar