Pages

Rabu, 15 Februari 2012

File Sharing Baru Ini Kebal Serangan Pemerintah

detail berita

AMSTERDAM - Usaha untuk menjegal pembajakan musik dan film mendapat tantangan baru. Sebuah perangkat lunak berbagi data yang disebut Tribbler, diklaim tidak dapat dimatikan oleh organisasi antipembajakan milik pemerintah.


"Satu-satunya cara untuk menghentikannya adalah dengan mematikan internet," kata Pouwelse dari Delft University of Technology, sekaligus pimpinan Tribler.


Seperti diwartakan Dailymail, Jumat (10/2/2012), Tribler adalah variasi dari software berbagi data BitTorrent, tapi yang ini khusus dirancang untuk tetap online dalam keadaan apapun. Termasuk bila terjadi serangan dari pemerintah dan organisasi antipembajakan.


"Tribler dirancang untuk membuat BitTorrent tetap hidup, bahkan ketika seluruh mesin pencari torrent, indeks, dan tracker dibuat offline," terang situs Torrentfreak.


Perangkat lunak terbaru ini bisa membuat seluruh usaha pemerintah Amerika Serikat (AS)  jadi sia-sia. Tidak ada  titik pusat yang bisa diserang di dalamnya. Pengguna perangkat lunak tersebut saling berbagi data tanpa menggunakan daftar situs sebagai pemandunya.


Teknologi tersebut telah diuji selama enam tahun, dan tidak pernah offline  sedetik pun. Tribler dibuat berdasarkan teknologi BitTorrent, sehingga bisa digunakan untuk berbagi data torrent normal yang diunggah situs seperti BT Junkie dan Pirate Bay.


"Tujuan utama kami adalah memfasilitasi sharing informasi tanpa terikat," tandas Poewelse. 

0 komentar:

Poskan Komentar