Pages

Senin, 13 Agustus 2012

7 Kesalahan yang Bikin Kulit Keriput

Kacamata hitam bisa melindungi mata dari keriput.
Kebiasaan sehari-hari bisa merusak kulit Anda. "Hanya sekitar 10 persen faktor genetik memengaruhi proses penuaan dini, artinya Anda memiliki kontrol lebih besar dalam menjaga kulit tetap awet muda," kata Dermatologis,  Dr. Doris Day, penulis buku Forget the Facelift. Berikut Dr, Doris membeberkan kebiasaan sehari-hari yang berakibat buruk pada kulit:

1. Merokok
Seperti efeknya pada seluruh tubuh, rokok adalah racun bagi kulit Anda. "Merokok mutlak merupakan hal terburuk bagi kulit Anda," kata Dr. Ellen Marmur, Profesor Dermatologi dan Genetika di Mount Sinai School of Medicine, New York, AS. Kabar baiknya adalah bahwa menghentikan kebiasaan merokok akan membatalkan kerusakan yang telah terjadi pada kulit Anda. "Jika Anda merokok selama 10 tahun dan Anda berhenti selama lima tahun, Anda dapat menghapus semua kerusakan," kata Dr. Marmur. Yang dibutuhkan adalah bebas asap beberapa minggu untuk melihat perubahan warna kulit menjadi membaik.

2.Tidak memakai "sunscreen"
"90 persen penyebab keriput adalah matahari, sehingga SPF adalah perlawanan yang terbaik," jelas Dr. Doris. Orang-orang membuat kesalahan terbesar tidak menggunakan tabir surya yang cukup serta tidak menggunakan berulang kali sesuai aturan. Bagi Anda yang hanya berada di luar rumah sebelum bekerja dan pada jam makan siang, Anda masih perlu SPF. Menggunakan SPF di pagi hari sebelum bekerja tidak akan melindungi Anda pada jam makan siang. Jadi sebelum makan siang ulangi pengunaan tabir surya Anda.

3. Mengabaikan kulit sekitar mata
Kacamata hitam tidak hanya aksesoris wajib bagi selebriti. "Semua orang harus memakainya untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari di sekitar mata," kata Dr. Marmur. Percaya atau tidak, Anda bahkan bisa mendapatkan melanoma di mata jika menganggap remeh hal ini. Paparan sinar UV kronis dapat menyebabkan penuaan dini di sekitar mata. Solusinya tabir surya lembut khusus mata dapat membantu melindungi kulit mata Anda, tapi kacamata hitam juga menjadi perlindungan yang bagus. Kenakan kacamata hitam setiap kali Anda berada di luar, bahkan pada hari- hari mendung. Carilah jenis yang menawarkan lebih dari 95% perlindungan UV.

4. Tidak cukup bergerak
Malas berolahraga juga dapat mempercepat tanda-tanda penuaan dini pada wajah Anda. "Berolahraga adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kulit sehat," kata Dr. Marmur. Berolahraga meningkatkan aliran sirkulasi darah yang membuat kulit sehat bercahaya. "Ketika latihan kulit Anda bersemu merah muda, sebab semua pembuluh mencuci area wajah dengan darah dan nutrisi yang kaya oksigen," jelasnya. Plus, penelitian menunjukkan latihan kebugaran membantu kulit memperbaiki dirinya sendiri dan bahkan dapat melindungi terhadap kanker kulit. Saran Dr, Marmur: 30 menit aktivitas aerobik sebanyak tiga atau empat kali seminggu. Pastikan untuk mengenakan tabir surya jika Anda melakukan latihan di luar ruangan.

5.Tidak Cukup Tidur
Hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk kulit Anda, selain melewatkan tabir surya, adalah bergadang."Ketika Anda sedang tidur, energi mengalir ke seluruh tubuh untuk proses meremajakan sel,"jelasnya. Memangkas waktu tidur membuat Anda kehilangan momen peremajaan kulit.

6.Tidak Memberikan waktu untuk produk bekerja
Menurut Dr. Marmur, produk perawatan kulit setidaknya membutuhkan waktu sekitar tiga bulan untuk bekerja sehingga Anda perlu bersabar. Jika sebuah produk mengklaim dapat memperbaharui kolagen hampir seketika, Anda tahu itu pasti klaim palsu. Ingin melihat hasil krim anti-aging mahal yang Anda beli, tunggu paling tidak tiga bulan hasilnya pada wajah Anda.

7. Membuat diagnosis sendiri
"Eksim, kemerahan, ruam, reaksi alergi, dan jerawat adalah kondisi-kondisi yang dapat diobati," kata Dr. Marmur, "Tetapi Anda mungkin membeli produk yang malah membuat kondisi kulit lebih buruk. Untuk itu, penting untuk mengunjungi dokter kulit." Dalam hal perawatan sehari-hari, Dr. Marmur menyarankan pasien untuk mencuci kulit dengan pembersih yang lembut dan menghapus make-up sebelum tidur, gunakan pelembap kulit, dan memakai tabir surya. Kunjungi dokter kulit Anda sekali setahun, terutama ketika Anda beranjak tua atau terjadi perubahan pada kulit Anda. Dengan begitu Anda mengetahui dari ahlinya jika harus mengganti produk perawatan kulit Anda.


0 komentar:

Poskan Komentar