Pages

Rabu, 15 Agustus 2012

Mobil Ditinggal Mudik, Lakukan Langkah Ini!

Untuk yang memilih mudik menggunakan angkutan umum dan berencana meninggalkan mobilnya cukup lama, biasanya perhatian sudah tercurah untuk perjalanan dan rencana liburan. Kadang terdapat hal kecil yang sering dilupakan, seperti menjaga kondisi mobil agar tetap fit selama ditinggal mudik.

Menurut Heryoga, Manajer Zone88 Car Detailing, di kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, justru selama ditinggal mudik, mobil yang ditinggal begitu saja dan akan memicu gejala negatif di kemudian hari. “Mobil itu seperti manusia, jika
dicuekin terlalu lama, ada saja masalahnya,” ujarnya.

So
, ada beberapa kiat agar mobil terjaga dan tetap sehat ketika kembali menjalankan tugasnya. Berikut tipsnya!

1. Pastikan mobil tertutup. Gunakan tutup mobil berbahan halus agar tidak menggores cat mobil yang sensitif. Namun, terlebih dahulu bersihkan mobil (eksterior dan interior). Jangan meninggalkan kotoran di luar karena bisa menyebabkan kerak atau jamur. Semprot dengan pewangi dulu bagian kabinnya agar tak meninggalkan bau apek ketika ditinggal lama.
2. Jika tak memakai tutup mobil, angkat wiper agar tidak menempel di kaca. Dengan begitu, karet wiper tidak akan melengkung dan mengeras. Kalau sudah keras, potensi menggores kaca akan sangat besar. Jika menggunakan cover mobil, terlebih dahulu wiper diganjal spons atau kain agar tidak menempel di kaca.
3. Jangan memakai rem tangan untuk jangka waktu lama karena berpotensi lengket. Cukup gunakan pengganjal pada ban.
4. Bila perlu, usahakan keempat roda mobil dalam posisi menggantung. Ini berguna untuk menjaga suspensi mobil agar tidak terpaku pada posisi tertentu dalam waktu yang lama. Jika dibiarkan, kelenturan ayunan suspensi jadi tidak bagus. 
5. Usahakan tangki bensin terisi penuh. Tangki yang penuh akan mengurangi jumlah air yang diserap bensin, dan BBM juga akan menguap dalam tingkat yang lebih rendah.
6. Ganti oli dan lindungi mesin sebelum pergi. Oli kotor di mobil menyebabkan karat dalam mesin jika tak diperasikan dalam jangka waktu yang lama.
7. Lepaskan kabel aki untuk menghindari kehabisan listrik (tekor). Aki yang lama tak bekerja menyebabkan sel cepat rusak dan kehilangan kemampuan menyimpan listrik.





0 komentar:

Poskan Komentar