Pages

Kamis, 20 September 2012

4 Solusi untuk Si Rambut Tipis

Tanpa kita sadari, akhir-akhir ini makin banyak rambut yang terlepas dari kepala kita. Rontok tanpa sebab yang jelas. Alhasil, kita pun mulai mengalami penipisan rambut. Tentunya, hal ini mulai mengkhawatirkan. Sebab, jelas, rambut yang tebal dan berkilau terlihat lebih indah dibandingkan rambut yang tipis.

Jika demikian keadaannya, tak ada salahnya kita menerapkan salah satu atau lebih dari solusi di bawah ini. Mahkota kita pun akan kembali menunjukkan cahayanya.

1. Konsumsi lebih banyak protein
“Rambut terbuat dari protein,” kata Philip Kingsley, seorang pakar rambut dan kulit kepala di London. Karenanya, pastikan kita tak kekurangan konsumsi senyawa ini. Pastikan kita mengonsumsi daging tanpa lemak, produk susu, ikan, telur, atau keju saat makan, demikian saran Kingsley.

2. Be gentle!
Rambut rontok tanpa sebab? Mungkin ini disebabkan karena kebiasaan kita menguncir rambut terlalu erat. Selain itu, menurut Kingsley, penipisan rambut juga bisa disebabkan karena menyisir terlalu kuat atau menarik rambut terlalu kencang saat mem-blow dry.

3. Check-up
“Terlalu banyak kadar testosteron dalam aliran darah bisa menjadi salah satu penyebab rambut rontok, “ papar seorang pakar naturopati sekaligus penulis buku Natural Choices for Women’s Health, Laurie Steelsmith, ND. Ini bisa dikurangi dengan cara mengonsumsi kedelai lebih banyak.

Selain testosteron, kerontokan rambut juga bisa dikarenakan masalah tiroid. Jadi, jangan sungkan untuk memeriksa ke dokter bila mengalami masalah tiroid.

4. Stimulasi kulit kepala
Menurut Steelsmith, rambut rontok bisa pula disebabkan karena sedikitnya darah menuju folikel rambut. Meningkatnya sirkulasi darah akan meningkatkan nutrisi ke kulit kepala sehingga rambut bisa tumbuh lebih baik. Oleh karena itu penting untuk melakukan pijatan pada kulit kepala. Gunakan teh jahe saat memijat untuk menambah sirkulasi.



0 komentar:

Poskan Komentar