Pages

Minggu, 14 Oktober 2012

Cara Aman Memencet Jerawat

Paling susah menahan godaan untuk tidak memencet jerawat. Apalagi jika jerawat itu begitu menonjol dengan ujungnya seperti mata berwarna putih.
Kadang ketika bangun tidur jerawat suka tiba-tiba muncul yang bikin jengkel. Lain kali dia muncul saat acara-acara besar dan penting. Ternyata meski banyak sekali referensi kecantikan yang melarang keras memencet jerawat. Namun hal tersebut sesekali boleh-boleh saja Anda lakukan sendiri di rumah.
Dermatologist, Debra Jaliman, MD asal New York, AS, mengatakan,"Kadang-kadang Anda harus memencet jerawat dengan syarat dilakukan dengan benar."
Ia pun memberikan petunjuk tiga langkah tepat dalam mengeluarkan jerawat:

1.
Bersihkan jerawat dengan alkohol.

2.
 Jika ada nanah di permukaan (bintik putih seperti mata), Dr Jaliman menyarankan Anda harus mengeluarkannya dengan ekstraktor komedo. Ekstraktor komedo adalah alat stainless steel yang memiliki loop atau lubang yang pas sekitar blackhead atau whitehead yang diekstrak dengan menggunakan tekanan. Mereka dijual di toko obat dan toko kecantikan.

3. Setelah
terpencet, oleskan produk antibakteri (seperti Neosporin, tea tree oil, bacitracin) atau asam salisilat atau benzoyl peroxide.

Dr. Jaliman mengingatkan bahwa sesekali melakukannya tak masalah. Tapi jangan dijadikan sebagai kebiasaan rutin. Kalau Anda rutin melakukannya Dr. Jaliman menuturkan akan menimbulkan bintik-bintik merah yang muncul dari peradangan kronis, timbul bekas luka jika Anda memencetnya terlalu dalam dan hiperpigmentasi, penyebaran bakteri jauh ke dalam kulit serta risiko terserang infeksi."



0 komentar:

Poskan Komentar