Pages

Selasa, 20 November 2012

Atraktif! Mobil-mobil Polisi Masa Depan



Setiap tahun dalam Los Angeles Auto Show (LAAS) diadakan kompetisi desain. Tahun lalu temanya film Hollywood terpanas dan desainer Smart dinobatkan sebagai jawara. Tahun ini penyelenggara melempar tema ”Highway Patrol Vehicle 2025”, yang berarti bahwa peserta diminta membayangkan seperti apa mobil polisi di masa depan.

Tema itu langsung disambar studio desain berbagai merek kelas dunia, seperti BMW, GM, Honda R&D Amerika dan Tokyo, Mercedes-Benz, dan Subaru. Mereka memberikan desain ”aneh-aneh” untuk sebuah mobil polisi.

BMW Group Designworks USA mempersembahkan sebuah kendaraan bernama Human-Drone Pursuit Vehicle, yang memungkinkan kendaraan terbang untuk menghindari kemacetan. Asumsi BMW, LA pada 2025 akan sangat padat, meski bahan bakar fosil semakin langka.


GM beda lagi. Mereka mengirimkan tiga desain sekaligus dalam satu paket sebagai trio kendaraan polisi masa depan. Tiga kendaraan dengan beda fungsi ini adalah solusi masa depan dengan berbagai kemungkinan kondisi. Tenaganya dipasok dari energi listrik.


Honda R&D Amerika menunjukkan konsep CHP Drone Squad, yang terdiri dari sebuah mobil pendobrak dan sepeda motor tanpa pengendara. Keduanya diharapkan mampu berkolaborasi dalam mengatasi kemacetan di LA dan melakukan pengejaran.


Mungkin desain paling konvensional disuguhkan Mercedes-Benz dengan konsep Ener-G-Force. Sebuah SUV ramah lingkungan berbasis dari G-Class. Desainer Jerman tidak muluk-muluk, berpikir bahwa masa depan jalanan akan diatur secara elektronik sehingga penegakan hukum tidak akan serumit sekarang.


Terakhir, Subaru SHARC (Subaru Highway Automated Response Concept) dengan bentuk seperti mainan anak-anak. Tetapi, jangan diremehkan. Sebab, kendaraan ini akan sangat cepat dan memberikan kenyamanan tingkat tinggi untuk polisi.


Suka yang mana?


0 komentar:

Poskan Komentar