Pages

Selasa, 20 November 2012

Februari 2013, Ponsel BlackBerry 10 Mulai Dijual



Research in Motion (RIM) berjanji akan merilis sistem operasi BlackBerry 10 pada 30 Januari 2013. Tak lama setelah itu, RIM juga berjanji bahwa perangkat BlackBerry 10 akan segera tersedia di toko-toko produk elektronik.

Namun, RIM enggan mengungkap tanggal pasti pengiriman BlackBerry 10, dan volume pengirimannya.

"Kami sedang bekerja keras memastikan semua hal kecil dan rincian tempat untuk tanggal peluncuran, ketika perangkat tersebut akan tersedia untuk konsumen dan perusahaan," kata Chief Operating Officer RIM Kristian Tear, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (13/11/2012).

RIM memiliki rencana awal untuk memasarkan BlackBerry 10 model layar sentuh dengan segmentasi menengah ke atas. Beberapa pekan kemudian, baru akan dipasarkan smartphone dengan papan ketik QWERTY, yang selama ini banyak digunakan pencinta BlackBerry. BlackBerry 10 dengan harga relatif terjangkau akan dipasarkan berikutnya.

RIM mengkalim, kinerja BlackBerry 10 akan lebih cepat dan mulus dibandingkan smartphone sebelumnya. Tak hanya itu, RIM juga terus meningkatkan jumlah aplikasi di toko aplikasi online BlackBerry App World, sebagai faktor penting pendukung utama keberhasilan sebuah platform.
Saat ini, perangkat BlackBerry 10 sedang diuji coba oleh 50 operator seluler di beberapa negara, termasuk Indonesia.

"Kami harus sepakat dengan operator, kapan mereka siap untuk mengumumkan BlackBerry 10. Dengan demikian, kebijakan ini bukanlah keputusan kami sendiri," aku Tear.

Sistem operasi ini kali pertama diumumkan RIM pada akhir 2011 dengan nama BBX. Karena ada perusahaan lain yang telah memakai nama BBX, dan RIM kalah dalam sengketa merek dagang, sistem operasi ini ganti nama menjadi BlackBerry 10.

Mulanya RIM menjanjikan BlackBerry 10 akan dirilis pada akhir 2012, tetapi kemudian menundanya hingga awal 2013. Penundaan ini memberi ruang pada Android dan iPhone untuk semakin mendominasi pasar. Sementara itu, perusahaan asal Kanada ini masih menaruh harapan pada BlackBerry 10 untuk meningkatkan penjualan yang makin terpuruk lantaran banyak pengguna yang beralih ke iPhone dan Android.

Meski demikian, BlackBerry masih digunakan oleh pelanggan setia dari kalangan pebisnis dan instansi pemerintah yang mengutamakan keamanan dalam berkomunikasi.

Perlu diketahui, smartphone yang berjalan dengan sistem operasi BlackBerry OS 7 atau lebih rendah tak dapat di-upgrade ke BlackBerry 10.





0 komentar:

Poskan Komentar