Pages

Sabtu, 04 Agustus 2012

5 Alasan Harus Ngemil Popcorn

Untuk mendapat manfaat sehatnya, pilih popcorn polos yang tidak bermentega atau berkaramel.
Popcorn alias brondong jagung identik dengan kudapan saat menonton film di bioskop. Padahal, makanan ini juga bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja. Anda bisa membuat popcorn sendiri, atau membelinya di mall untuk dinikmati di rumah. Dengan menyiapkan popcorn sendiri, Anda bisa mencegah rasa bersalah akibat terlalu banyak mengguyurkan lelehan mentega di atasnya. Lagipula, tanpa mentega leleh ini, popcorn sebenarnya termasuk kudapan yang sehat. Tak percaya? Ini alasannya:

1. Popcorn satu-satunya cemilan yang terbuat dari 100 persen gandum utuh. Cemilan ini memenuhi satu dari tiga asupan gandum utuh yang direkomendasikan oleh The Dietary Guidelines. Dengan bahan baku tersebut, popcorn menjadi kudapan yang dapat membantu mengurangi risiko stroke dan diabetes tipe 2 hingga 30 persen, serta membantu menjaga berat badan.

2. Bebas dari lemak trans. Lemak trans yang dihasilkan dari proses pemanasan pada suhi tinggi perlu dihindari karena meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Popcorn bebas dari lemak trans karena tidak diolah dengan cara digoreng. Agar manfaatnya tidak sia-sia, hindari menambahkan terlalu banyak garam atau mentega cair sebagai penambah rasa ketika popcorn siap disajikan.

3. Mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Senyawa ini dapat ditemukan pada buah-buahan dan sayuran, di antaranya dari jagung sebagai bahan baku popcorn ini. Antioksidan sendiri memiliki berbagai keuntungan karena mampu mencegah peradangan, menyehatkan sistem kardiovaskular, sistem kekebalan, dan melindungi sel-sel terhadap kerusakan akibat radikal bebas.

4. Kaya serat.
Seperti Anda ketahui, serat akan memberikan perasaan kenyang lebih lama, sehingga membantu penurunan berat badan, meningkatkan kesehatan pencernaan, mengontrol kadar gula darah, dan mencegah diabetes tipe 2.

5. Mudah diolah sesuai selera. Kurang sedap bila tidak menambahkan butter di atas popcorn? Coba cara lain. Misalnya, menaburkan bubuk cabai agar rasanya lebih pedas, atau taburkan kacang-kacangan di atasnya untuk menambah rasa gurihnya. Yang penting, jaga agar citarasa asli dari popcorn tersebut tidak hilang, hanya dibuat sedikit lebih sedap melalui tambahan rasa dari bahan yang lebih sehat.


0 komentar:

Poskan Komentar