Pages

Selasa, 20 November 2012

Gerakan yang Bikin Tubuh Kembali Segar



Sulit berkonsentrasi? Gerakan yoga sederhana bisa memperlancar aliran darah, mengembalikan tenaga dan konsentrasi.

Usir pegal
Pegal duduk di depan laptop? Tarik kursi Anda dan jadikan tumpuan untuk stretching.
1. Pegang sandaran kursi dengan tangan kiri, dan tangan kanan Anda di samping tubuh. Silangkan kaki dengan kaki kanan berada di belakang posisi jinjit. Tempelkan bagian depan lutut kanan dengan bagian belakang lutut kiri. Jaga agar telapak kaki kiri menghadap ke arah kursi sedangkan telapak kaki kanan menghadap depan. Sambil ditarik secara perlahan, usahakan badan tetap tegak. Angkat tangan kanan lurus ke atas secara melengkung, dan balik ke posisi semula. Lakukan stretching ini sebanyak delapan kali, dan lakukan juga untuk arah sebaliknya.
2. Berdiri menghadap kursi, pegang sandaran kursi dengan tangan kiri Anda. Angkat kaki kanan lurus ke belakang, sambil mengangkat lurus tangan kanan Anda ke arah depan setinggi bahu. Kembali ke posisi semula. Lakukan sebanyak delapan kali dan ganti posisi sebaliknya.

Dengan begitu, ketegangan otot lengaan, pundak, samping tubuh, pinggang, dan betis akan kembali rileks.

Kibas tangan
1. Bangkit dari kursi Anda, berdiri dengan tegap. Kibas dan hentakkan pergelangan tangan Anda dengan bertenaga ke arah depan, bawah, samping, dan atas.
2. Jaga agar tangan dan lengan agar lurus. Lakukan masing-masing arah sebanyak 10 kali.

Lemaskan punggung
1. Berdiri dengan posisi kaki agak terbuka, kaitkan jari-jari tangan di punggung belakang, luruskan lengan.
2. Jaga posisi kaki dan paha agar tetap tegak, bungkukkan badan, dan angkat kedua tangan di belakang panggung ke atas.

Gerakan ini berfungsi untuk melemaskan otot lengan, jari, dan telapak tangan. Tahan selama 10 detik dan balik ke posisi semula. Ulangi gerakan ini sebanyak delapan kali.

Pernafasan
1. Dalam posisi berdiri, tarik nafas dalam-dalam, angkat bahu setinggi mungkin sambil menengadahkan kepala.
2. Buang nafas dengan perlahan, dan angkat kedua tangan ke atas. Sambil meniup nafas yang keluar, turunkan bahu perlahan, dan rasakan ketegangan otot semakin menurun. Lakukan sebanyak delapan kali.

Lakukan ini setelah semua gerakan selesai dilakukan. Ini berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke dalam tubuh terutama ke otak.
 
 

0 komentar:

Poskan Komentar