Pages

Selasa, 21 Juni 2011

Pasar PC Bangkit di 2012?

Serbuan tablet PC memang mengakibatkan turunnya pasar komputer desktop atau PC. Namun analis di IDC memprediksi bahwa pasar PC akan kembali bergeliat di tahun 2012.

Popularitas tablet yang meroket selama beberapa tahun terakhir, khususnya 2011, telah menggerus pasar PC dan laptop. Awal tahun ini pengapalan PC di seluruh dunia diharapkan tumbuh 7,1 persen. Namun para analis akhirnya melakukan revisi dengan memangkas prediksi menjadi hanya 4,2 persen.

IDC mengklaim pertumbuhan penjualan PC yang lamban diakibatkan penetrasi komputer yang telah mencapai titik jenuh di negara-negara berkembang. Selain itu, tentu saja, dikarenakan persaingan ketat dengan tablet yang masih menjadi gadget paling dicari.

Meski demikian, IDC memperkirakan hal itu akan segera berubah. Mereka meyakini pasar PC akan menunjukkan peningkatan mulai 2012 mendatang. Bahkan, hingga 2015 nanti pertumbuhannya bisa mencapai 10 persen. Demikian seperti dilansir Cellular News, Kamis (9/6/2011).

Alasan di balik pertumbuhan ini, menurut IDC, adalah kemunculan berbagai desain, chip dan sistem operasi baru. Selain itu, yang lebih penting, harga yang jatuh akan membuat PC semakin terjangkau bagi konsumen.

IDC juga mengklaim bahwa pertumbuhan di negara-negara berkembang akan turut mendorong penjualan global PC. Kendati begitu, IDC mengingatkan bahwa seluruh analisa ini belum tentu terbukti, karena masih bersifat spekulatif.

0 komentar:

Poskan Komentar