Pages

Kamis, 21 Juli 2011

Pesawat Ulang Alik Atlantis Segera Dimuseumkan

Program terakhir dari pesawat ruang angkasa Amerika Serikat (AS) yaitu Atlantis telah menyelesaikan misinya di orbit. Hal ini menjadikan pesawat tersebut akan segera menjadi benda museum.
 
Atlantis telah menyelesaikan misinya untuk memberikan lebih dari empat ton persediaan dan suku cadang ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS), serta membersihkan sampah dan mengambil sebuah pompa yang rusak untuk nantinya dibawa kembali ke Bumi untuk diperiksa.

NASA akan memuseumkan seluruh pesawat ulang-alik yang dimilikinya ke berbagai tempat di AS, antara lain di Florida, Virginia, California, Los Angles dan New York. "Pesawat ruang angkasa tertua yaitu Discovery akan mendarat di Steven F. Udvar Hazy Center, sebuah cabang dari Smithsonian Institution's National Air and Space museum di Virginia," ungkap pihak NASA, seperti dikutip
Straits Times, Kamis (21/7/2011).

Sementara Atlatis yang merupakan pesawat luar angkasa terakhir yang baru saja menyelesaikan misi luar angkasa akan ditempatkan di Florida Kennedy Space Center, yang merupakan markas NASA.


Sedangkan, Pesawat Endeavour akan pulang di tempat asalnya ke California Science Center di Los Angles.


Beberapa purwarupa, yang tidak pernah terbang ke luar angkasa, akan dikirim ke New York untuk ditampilkan pada kapal induk AS yang akan merapat di Manhattan, USS Intrepid Sea, Air & Space Museum.


"Setiap cerita mengenai pesawat ruang angkasa harus diberitahu dan sejarah tersebut memang untuk dibagikan. Mereka tidak akan berhenti memberikan inspirasi dan mereka tidak akan berhenti menjadi bagian dari Amerika," kata Kepala NASA, Charles Bolden.

0 komentar:

Poskan Komentar