Pages

Kamis, 27 Oktober 2011

Handphone Sering Restart Sendiri

Tanya
Saya punya Motorola V9 yang sering restart sendiri, terutama waktu terima SMS sambil mendengarkan musik atau mendengarr musik sembari SMS-an. Apakah ada masalah dengan softwarenya ? Setahu saya software Motorola ini sudah memakai  versi yang paling tinggi, yakni versi R263313_U_A0.03.2ER. Mohon bantuan, apakah ini karena software V9 memang belum stabil?

Ligwina Handoko
UI Depok – Jawa Barat

Jawab
Terkadang masalah sebenarnya muncul di saat handphone “benar-benar” dipakai. Seperti kasus di atas sewaktu handphone menerima SMS berbarengan dengan mendengarkan lagu, handphone restart. Pertama yang harus diperiksa adalah arus handphone ketika restart, karena dari informasi di atas, handphone restart jika dipakai untuk menjalankan beberapa aplikasi, entah MP3 ataupun aplikasi yang lainnya.  Tentu arus yang dibutuhkan ketika itu cukup besar. Nah, di sinilah arus harus diukur.

Jika memang arus normal, mungkin saja masalah hanya terletak pada baterai, atau bisa juga ini adalah salah satu kekurangan dari handphone ini. Sebab untuk menjalankan beberapa program secara bersamaan, yang pada komputer sering disebut dengan istilah “MultiTasking”, diperlukan memory RAM yang memadai. Bila kurang, bisa jadi gejala di atas muncul. Tapi bila arusnya terlalu tinggi, perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Tidak tertutup kemungkinan IC yang berkaitan seperti IC amplifier pada handphone yang bermasalah.

0 komentar:

Poskan Komentar