Pages

Jumat, 28 Oktober 2011

Masalah Pada Kamera Handphone

Tanya
Saya punya sebuah handphone bermerek Nokia N80. Dalam perjalanan pulang ke rumah, handphone kena air, tapi sungguh ajaib handphone tidak apa-apa setelah itu. Tapi selang beberapa hari, ada masalah muncul, yakni handphone tidak bisa membuka kamera. Saya ini orang yang awam tentang reparasi handphone, tapi dulu saya ada ketertarikan di elektronika. Bisa tidak, saya memperbaiki sendiri handphone saya yang bermasalah ini?

Neli Pramono, Pancoran – Jakarta Selatan

Jawab
Baiklah, jika Anda memiliki basik elektronika walaupun sedikit, coba simak penjelasan di bawah ini. Semoga trik di bawah ini bisa memecahkan masalah Anda. Jika sebuah handphone terkena air, seharusnya ada beberapa langkah yang dapat Anda kerjakan.  Pertama, jangan nyalakan handphone, kemudian lepaskan baterai, dan yang tak kalah pentingnya bersihkan airnya dengan cara mengeringkan handphone tersebut.

Nah, mungkin dua langkah pertama Anda sudah lakukan, namun langkah ke tiga yang diabaikan. Akibatnya adanya arus hubung singkat menyebabkan salah satu komponen rusak, yang pada akhirnya akan mengakibatkan rusaknya bagian kamera. Selanjutnya bagaimana cara perbaikannya? Ada baiknya bila Anda membuka terlebih dulu handphone tersebut. Kemudian coba periksa apakah ada bekas air ? Perhatikan kembali bagian kameranya!
Jika terlihat ada bekas air, segera lepas kamera. Kamera bisa dilepas dari kedudukannya, dan langsung bersihkan konektornya dengan menggunakan cairan alkohol, atau sejenisnya. Selain dibersihkan konektornya, perhatikan juga apakah konektor dalam kondisi baik.  Kemudian segera coba kembali apakah kamera sudah berfungsi normal.

Bila masalah belum terselesaikan, coba ganti kamera tersebut. Caranya mudah, bawa saja ke tempat penjualan sparepart, dan langsung test di tempat! Kalau memang benar kameranya bermasalah, tentu setelah diganti, kamera akan berfungsi kembali. Tapi andai masih juga tidak bisa, mari kita lihat cuplikan skema berikut !


IC D3300 adalah sebuah IC yang berfungsi untuk mengatur ataupun mengolah data yang berasal dari kamera untuk kemudian dikirim ke CPU. IC ini dikenal dengan istilah Hardware Accelerator. Kerap IC ini bermasalah, dan untuk melakukan penggantian IC ini diperlukan hot air gun. Harus pula diingat bahwa IC ini pun jangan sembarangan diganti, ada satu metode pengukuran khusus untuk memastikan IC ini berfungsi atau tidak.


Jika anda tidak memiliki hot air gun, ada lagi satu trik jumper yang mungkin saja bisa menyelesaikan
masalah.



Cukup dengan dua langkah sederhana bisa anda kerjakan. Pertama angkat komponen N3300, dan kemudian lakukan jumper sesuai petunjuk yang ada. Kedua langkah ini dilakukan untuk menggantikan tegangan Vdigcam yang berasal dari N3300. Selamat mencoba!

0 komentar:

Poskan Komentar