Pages

Selasa, 13 Desember 2011

Google Rayakan Ultah Pendiri Intel

detail berita
Capture Google Doodle edisi Robert Noyce
JAKARTA - Google kembali rayakan ulang tahun tokoh penting di dunia. Berdasarkan pantauan okezone, kali ini mesin pencari tersebut merancang logo khusus untuk menghormati pendiri Intel yakni Robert Noyce di ulang tahunnya yang ke 84.

Dikutip dari Wikipedia, Senin (12/12/2011), Noyce bersama Jack kilby, didaulat sebagai penemu dari integrated circuit atau disebut microchip yang memicu revolusi komputer pribadi. Dia juga merupakan mentor dan figur 'bapak' dari semua generasi pengusaha.

Pria yang dijuluki 'The Mayor of Silicon Valley' ini mendirikan Intel bersama Gordon E. Moore pada 1968, ketika mereka meninggalkan Fairchild Semiconductor.

Saat bekerja di Intel, Noyce mempunyai budaya kerja santai, dengan memperlakukan karyawannya sebagai keluarga dan menghargai tim kerja.

Sehingga bisa dibilang gaya manajemen Noyce adalah 'menyingsingkan lengan baju Anda'.

Noyce juga merupakan seorang pemegang banyak gelar kehormatan dan penghargaan, antara lain ketika Presiden Ronald Reagen memberikan penghargaan National Medal of Technology pada 1987.

Tidak berhenti sampai di situ, Dua tahun kemudian George H.W Bush melantiknya sebagai Business Hall of Fame. Lalu pada 1990, Noyce bersama Jack Kilby, penemu transistor John Bardeen dan beberapa selebriti menerima 'Lifetime Achievement Medal' saat perayaan dua abad Paten Act.

Noyce juga meninggalkan warisan, yaitu Noyce Foundation yang didirikan pada 1991, satu tahun setelah ia meninggal dunia. Yayasan yang didirikan oleh keluarganya itu didedikasikan untuk meningkatkan pendidikan publik dalam matematika dan ilmu pengetahuan di kelas K-12.

0 komentar:

Poskan Komentar