Pages

Minggu, 11 Desember 2011

Pencipta Tokoh Robin & Joker di Komik Batman Wafat


 
detail berita
Jerry Robinson (Foto: IGN)
NEW YORK - Komikus yang menciptakan tokoh Robin dan Joker di komik legendari Batman, Jerry Robinson, meninggal dunia. Dia meninggal dunia pada usia 89 tahun, di rumahnya, New York, Amerika Serikat.

Pencinta komik Batman pasti mengenal dengan baik si partner Robin Wonder Boy yang terkenal sebagai partner Batman, dan di antara musuh bebuyutan Manusia Kelalawar ini, Joker merupakan musuh paling dikenal. Namun mungkin hanya segelintir orang yang mengetahui Jerry Robinson, sebagai penciptanya.

Menurut kolega Robinson, Charles Kochman, Robinson berbeda dari seniman lainnya, dia bekerja untuk setiap jenis genre komik, mulai dari kartun politik hingga ilustrasi teater.

"Jerry membawa realisme untuk komik dengan sentuhan rasa humor," kata Kochman, seperti dilansir Yahoo News, Sabtu (10/12/2011).

Robinson meninggal dalam tidurnya Rabu di sebuah rumah di New York di mana ia tinggal. Dia diajak kerja sama oleh Bob Kane, pencipta Batman, saat usianya masih 17 tahun. Keduanya bertemu secara tidak sengaja di sebuah resor di Pegunungan Catskill, di mana Robinson sedang melakukan pekerjaan musim panas menjual es krim. Kane memperhatikan Robinson karena ia mengenakan jaket putih dihiasi dengan gambar ilustrasi sendiri.

Joker sendiri pernah dikatakan oleh Robinson terinspirasi saat dia melihat kartu Joker di kartu remi.

"Dia melihat nilai komik sebagai seni. Dedikasinya terhadap seni, begitu tinggi," terang Kochman.

"Jerry Robinson diilustrasikan dalam beberapa gambar mendefinisikan ikon budaya pop terbesar," kata Jim Lee , dari DC Comics, penerbit yang mempublikasikan Batman dan Superman.

"Tidak mungkin untuk bekerja di DC Entertaiment tanpa merasakan dampak dari kontribusi Jerry Robinson untuk industri. Pengaruhnya terus bergema hari ini," kata Bob Harras , DC Comics 'Editor-in-Chief

0 komentar:

Poskan Komentar