Pages

Rabu, 04 Januari 2012

Hindari Sensor, Hacker Ingin Bangun Satelit Sendiri

detail berita

BERLIN – Semakin banyaknya sensor di internet, akhirnya membuat hacker komputer berniat untuk menempatkan satelit komunikasinya sendiri ke orbit. Maka dengan cara ini, mereka bisa berada di luar jangkauan sensor.

Dilansir BBC, Selasa (3/1/2012), proyek ini diuraikan saat Chaos Communication Congress di Berlin. Penyelenggara proyek ini mengatakan, Hackerspace Global Grid akan mengembangkan grid di stasiun bawah  tanah untuk melacak dan berkomunikasi dengan satelit.

Ide ini pertama kali diungkapkan oleh aktivis hacker, Nick Farr saat Agustus lalu. Dia mengatakan, bahwa ancaman meningkatnya sensor internet telah memotivasi projek ini.

Farr mencontohkan proposal undang-undang yang diusulkan oleh Stop Online Piracy Act (SOPA) di Amerika Serikat (AS), sebagai contoh kecaman yang akan dihadapi kebebasan online. Jika akhirnya SOPA berhasil, makan bisa saja beberapa situs akan diblokir dengan alasan hak cipta.

Proyek ini terlihat ambisius, ini juga diakui oleh Armin Bauer yang bekerja di Hackerspace Global Grid. “Ini memang sangat ambisius, jadi kami akan mencobanya dari sesuatu yang lebih kecil dahulu,” ujat Bauer.

Bahkan dalam jangka panjang, sebuah proyek ruang angkasa hacker yang lebih besar yang nantinya bertujuan untuk menempatkan astronot amatir ke bulan dalam 23 tahun mendatang.

0 komentar:

Poskan Komentar