Pages

Selasa, 18 September 2012

HP Bikin 'Smartphone' Lagi, Pakai Android atau WP8?

Meg Whitman, Chief Executive Hewlett Packard (HP), menyatakan, mereka sedang bersiap untuk menghadirkan perangkat smartphone baru.

Dikutip dari Engadget, dalam wawancara dengan Fox Business, Whitman menyatakan, perusahaan yang dipimpinnya tersebut sedang mengerjakan sebuah smartphone baru.

Walaupun Whitman dengan terang-terangan menyatakan kalau HP akan kembali bemain di pasaran smartphone, namun ia tidak bersedia menjelaskan terlalu banyak detail tentang strategi mereka di dunia mobile.

"Kami harus menawarkan smartphone karena di banyak negara di dunia, smartphone akan menjadi perangkat komputasi pertama yang dimiliki," kata Whitman. "Kami adalah perusahaan komputasi."

Dengan diluncurkannya smartphone baru HP nanti, Whitman berharap mampu menghadirkan lini produk komputasi yang lengkap, dari workstation, notebook, desktop, tablet, hingga smartphone.

Beberapa waktu yang lalu, HP mengejutkan dunia teknologi informasi dengan rencana mereka untuk membeli Palm, perusahaan yang terkenal akan perangkat PDA-nya dan sistem operasi webOS.

Seperti yang telah diduga sebelumnya, setelah berhasil mengakuisisi Palm, HP langsung mengumumkan akan meluncurkan perangkat tablet dan smartphone berbasis webOS.

Sayangnya, penjualan perangkat berbasis webOS tidak berhasil memenuhi harapan dari HP.

Dengan sangat terpaksa, HP menghentikan produksi dan segera melakukan diskon besar-besaran agar perangkat yang sudah ada di pasaran segera terjual. HP pun menyatakan akan lebih fokus ke dunia produk enterprise dan services.

Sebelumnya, HP terkenal dengan smartphone iPaq yang menggunakan sistem operasi Windows Mobile. Kurang berkembangnya sistem operasi ini menyebabkan penjualan iPaq jalan di tempat dan kalah bersaing dengan perangkat iOS dan Android.

HP pun akhirnya menghentikan produksi iPaq dan mencoba peruntungan dengan membeli webOS - yang akhirnya gagal.

Belum ada informasi smartphone HP ini akan menggunakan sistem operasi Windows Phone 8 atau Android. Jika melihat sejarahnya dan kedekatan dengan Microsoft, HP sepertinya akan menggunakan Windows Phone 8 yang rencananya akan dirilis pada Oktober ini.



0 komentar:

Poskan Komentar