Pages

Selasa, 06 Desember 2011

Di Negaranya Sendiri, Nokia Kehilangan Banyak Pelanggan


 
detail berita
Kantor Nokia
LONDON - Nokia memang kehilangan banyak market share di sejumlah negara, namun ironisnya, Nokia justru mengalami penurunan market share di Finlandia, yang merupakan negara asalnya sendiri.

Berdasarkan laporan terbaru dari IDC memperkirakan, bahwa Nokia telah kehilangan sebagian besar pangsa pasar smartphone di tanah airnya itu. Ketika musim semi lalu mereka kehilangan pangsa pasarnya hingga 76 persen, kali ini penurunannya mencapai 31 persen. Aktor antagonis di balik kehilangan ini adalah Samsung Android dan Apple.

"Kue terbesar Nokia memang diambil oleh Samsung, di mana dalam setahun mereka menguasai dari 3 persen menjadi 25 persen. Berikutnya adalah iPhone yang melonjak dari 10 persen sampai 16 persen. Sementara Sony Ericsson tetap di 11 persen," terang IDC, yang dikutip di GSM Arena, Senin (5/12/2011).

Selain vendor itu, pemain asal China semacam Huawei dan ZTE adalah pesaing baru di Finlandia yang tidak boleh dianggap sebelah mata. Huawei telah menangkap 11 persen pangsa pasar dan ZTE telah mengambil 6 persen hanya dalam setahun.

Salah satu kesuksesan vendor asal China sendiri tidak terlepas dari produk murah yang diusung perusahaan tersebut, sehingga bisa dengan singkat merengkuh kesuksesan.

Namun demikian, Nokia masih mempunyai catatan penjualan yang baik menjelang akhir tahun ini. Terutama penjualan ponsel seperti N9 dan C6-01 telah berjalan sangat baik di Finlandia

0 komentar:

Poskan Komentar