Pages

Selasa, 20 Desember 2011

Google Menangkan Paten Mobil Tanpa Pengemudi


detail berita
Mobil google
CALIFORNIA - Google dikabarkan telah memenangkan hak paten untuk teknologi mobil tanpa pengendara. Paten tersebut diajukan pada Mei lalu, dan diberi judul "Transitioning a Mixed-mode Vehicle to Autonomous Mode".

Paten tersebut menawarkan sebuah metode untuk mewujudkan perubahan kendaraan yang harus dikemudikan manusia, menjadi kendaraan yang dapat bergerak, berhenti dan memarkir dirinya sendiri. Mobil ini juga bisa mendapatkan informasi tentang ruang atau arah perjalanan melalui data yang diperoleh via internet.

Untuk pengamat Google, kemenangan paten tersebut akan mengingatkan bahwa Google menikmati seluruh publisitasnya mengenai mimpi-mimpi ambisius tentang kendaraan tanpa pengemudi. Google telah menggunakan satu armada mobil yang menempuh jarak 190.000 mil di jalan raya, lalu lintas kota, dan di jalan-jalan kecil, untuk mendemonstrasikan kesuksesan mobil tanpa pengemudi besutannya.

Pemimpin proyek Google yakin bahwa kendaraan cerdas, dilengkapi dengan sensor yang dirancang khusus, kecerdasan buatan, kamera video, dan alat-alat canggih lainnya bisa membantu menjadikan transportasi lebih aman.

Dilansir melalui Physorg, Selasa (20/12/2011), dari banyak laporan tentang kemenangan paten, sebuah laporan dari BBC mengajukan pertanyaan tentang bagaimana paten tersebut dapat digunakan.

"Paten ini akan mengizinkan Google untuk membatasi perusahaan lain menggunakan metode yang sama untuk beralih dari model mobil yang dikemudikan manusia menjadi otomatis. Atau, mereka bisa saja mengajukan biaya untuk lisensi mobil jenis itu," tulis BBC.

0 komentar:

Poskan Komentar