Pages

Sabtu, 10 Desember 2011

Mulai Berhitung Peluang di Euro 2012

Euro 2012 / IST
Euro 2012 / IST
KIEV – Bila melihat peta kekuatan dalam ajang Euro 2012 yang bakal digelar Juni tahun depan, tak salah kiranya bila menilai tim-tim besar seperti Spanyol, Jerman, Italia, Belanda, Prancis masih merupakan kandidat-kandidat terkuat menjadi juara turnamen empat tahunan Benua Biru itu.
 
Meski, tentu kita tidak menyingkirkan potensi munculnya kejutan dari negara-negara kuda hitam untuk menjadi yang terbaik di Euro 2012 nanti, apalagi ajang ini punya sejarah menarik tentang negara-negara kuda hitam menjadi yang juara seperti yang dilakukan Denmark pada Euro 1992 dan Yunani yang meraih trofi Euro pada tahun 2004.
 
Drawing Euro 2012 yang dilakukan Sabtu lalu cukup membuat pecinta sepakbola tercengang, terutama ketika tergabungnya tim-tim unggulan dalam satu grup, seperti yang terjadi di grup B, Jerman dan Belanda yang notabenenya tim-tim unggulan sudah harus bertemu di fase grup, selain itu ada Portugal dan Denmark yang bukan merupakan lawan mudah.
 
Grup C sendiri juga tak kalah seru, Italia dan juara bertahan Spanyol berada dalam grup ini, ditambah Kroasia dan Republik Irlandia yang siap memberi kejutan. Untuk penulis, persaingan di grup C menjadi yang terseru setelah grup B.
 
Sementara itu, di grup A sesungguhnya kekuatannya terbilang berimbang, karena diisi oleh tuan rumah Polandia, serta negara-negara seperti Rusia, Republik Ceska dan Yunani yang bisa dianggap bukan unggulan. Sedangkan di grup D, tuan rumah Ukraina ditemani oleh Inggris, Swedia dan Prancis, bagi penulis, grup ini sangat berpotensi mengejutkan, seperti kita ketahui, Inggris dan Prancis adalah negara yang belakangan kurang konsisten untuk disebut sebagai tim besar.
 
Bukan tak mungkin, kedua negara ini tak lolos ke babak selanjutnya jika bermain tak sesuai ekspetasi. Ukraina sebagai tuan rumah dan Swedia salah satu kuda hitam dipastikan siap mempermalukan Inggris dan Prancis.
 
Terlalu dini memang berbicara tentang siapa yang akan lolos ke babak selanjutnya, apalagi bicara siapa yang akan menjadi juara Euro 2012. Masih banyak kemungkinan terjadi di depan sana, terutama bila ada pemain bintang yang cedera sehingga harus absen di Euro nanti, jelas sedikit banyak mempengaruhi tim, apalagi kalau yang cedera bukan hanya satu pemain.
 
Tapi selalu menarik bicara prediksi, termasuk dari jauh-jauh hari, anggap lah tim yang berlaga di Euro nanti datang dengan skuad lengkap, maka menurut penulis, inilah tim-tim yang akan lolos dari fase grup.
 
Polandia dan Rusia bakal mewakili grup A dan Jerman serta Belanda akan lolos dari grup B. Sedangkan di grup C, Spanyol dan Italia maju ke babak selanjutnya, kemudian untuk grup D, penulis sedikit bingung, tapi mencoba tetap menempatkan Inggris dan Prancis sebagai kandidat yang lolos ke babak perempat final Euro 2012.
 
Prediksi tetap lah prediksi, dan selalu bisa diperdebatkan, pembaca tentu memiliki prediksi sendiri dan jagoan masing-masing di ajang Euro nanti. Terpenting, ajang Euro nanti bisa memberikan sajian yang menarik dan seru bagi pecinta sepakbola di tanah air.

0 komentar:

Poskan Komentar