Pages

Selasa, 31 Januari 2012

Inilah 10 'Rising Star' Piala Afrika 2012

Piala Afrika selalu mencatat kemunculan bakat-bakat baru di setiap kompetisinya. Nama-nama seperti Gervinho, Didier Drogba dan Yaya Toure (Pantai Gading), Asamoah Gyan (Ghana) dan Muhammad Zidan (Mesir)yang mencuat si gelaran Piala Afrika era 2000-an akhir jadi contoh.

Di Piala Afrika 2012 siapakah the next rising star dari afrika ? Berikut 10 nama yang diprediksi bakal mencuat di Gabon dan Equitorial Guinea:

10. MOUSSA MAAZOU (Niger)
MOUSSA MAAZOU
Pemain yang kini memperkuat CSKA Moskow ini telah menjadi punggawa tim Niger sejak 2009. Kemampuannya dalam mencetak gol telah menjadikannya penyerang yang ditakuti di Afrika. Namun dia kurang beruntung karena cidera yang menghantam kerap menganggu karienya di Eropa. CSKA Moskow bahkan harus meminjamkannya ke lima klub berbeda dalam tiga tahun terakhir.Di Piala Afrika kali ini, Mazzaou bertekd mengembalikan pamornya yang tenggelam di level klub.

9. SADIO DIALLO (Guinea)
SADIO DIALLO
Sadio Diao adalah salah satu rising star di tim Guinea. Setelah mampu mengemas 10 gol dari 37 penampilan bersama klub divisi dua Prancis, Bastia, dia pun dipanggil untuk pertama kali ke timnas senior Guinea di babak kualifikasi Piala Afrika. Hasilnya, Diallo langsung bersinar dengan kemasan dua gol di empat laga. Di umurnya yang akan menginjak 21 tahun, dia berharap mampu bersinar di Piala Afrika 2012.

8. EMMANUEL MAYUKA (Zambia)
EMMANUEL MAYUKA
Penyerang klub Young Boys berusia 20 tahun itu pertamakali memperkuat Zambia pada 2007 silam. Setelah melalui 20 pertandingan, dia belum juga mencetak gol. Kendati statistiknya meregukan, Mayuka memiliki masa depan yang cerah. Dia mampu mencetak 16 gol sejak kedatangannya ke Liga Swiss.

7. PIERRE-EMERICK AUBAMEYANG (Gabon)
PIERRE-EMERICK AUBAMEYANG
Lahir di Prancis 22 Tahun yang lalu, Aubameyang mengarungi karier profesionalnya di Eropa dengan bergbung ke skuat primavera AC Milan tahun 2007. Di Milan karier Aubameyang mandek sehingga klub Prancis Saint Etienne dipilih untuk meningkatkan kemampuan. Di level negara dia sempat memperkuat tim U-21 Prancis. Namun dia kemudian memilih Gabon sebagai negara yang akan diperkuat dijenjang senior. Bersama Gabon, Aubumeyang sukses mengemas enam gol.

6. AMINE CHERMITI (Tunisia)
AMINE CHERMITI
Penyerang berusia 23 tahun itu bermain untuk FC Zurich di Swiss. Keunggulannya adalah kecepatan, kontrol bola, dan finishing. Sejauh ini, Chermiti telah bermain 22 kali untuk timnas senior Tunisia dan sukses menjaringkan empat gol.

5. CHEICK DIABATE (Mali)
CHEICK DIABATE
Penyerang asal klub Bordeaux berusia 23 tahun ini sukses menjaringkan empat gol di babak kualifikasi Piala Afrika. Diabate mampu bermain sangat baik bersma tim Mali yang mengedepankan permainan kolektif bukan individu.

4. ADEL TAARABT (Moroko)
ADEL TAARABT
Bintang klub Liga Inggris QPR hanya butuh kepercayaan diri untuk menjadi salah satu bintang Afrika. Aksinya musim lalu bersama QPR telah memberi bukti potensi yang dimiliki gelandang serba bisa ini. Dialah harapan bagi Maroko untuk melangkah jauh diturnamen. Rekor Taarabt di timnas pun cukup baik dengan empat gol di 12 laga.

3. ALAIN TRAORE (Burkina Faso)
ALAIN TRAORE
Gelandang 22 tahun asal klub Auxerre ini merupakan salah satu top skor di Liga Prancis. Dia kini dalam puncak penampilannya yang berarti kabar baik bagi Burkina Faso di Piala Afrika. Kemampuannya adalah ketajaman dalam mencetak gol. Sejauh ini Traore adalah salah satu top skor babak kualifikasi Piala Afrika dengan empat gol. "Saya akan terus berjuang di Piala Afrika untuk negara juga diri saya," kata Traore dalam sebuah wawancara seperti dikutip Kick off.

2. EMMANUEL AGYEMANG BADU (Ghana)
EMMANUEL AGYEMANG BADU
Gelandang bertahan asal klub Udinese itu memiliki kapasitas fisik yang prima. Pemain berusia 20 tahun ini juga dikenal sebagai gelandang tak kenal lelah dengan jelajah luar di lapangan. Kemampuan Agyemang telah teruji sejak di level U-20 dan U-23. Penampilan ynang membawanya ke tim senior pada akhir 2008. Dialah pemain yang kini jadi harapan Ghana untuk berbicara lebih jauh di Piala Afrika 2012.

1. BONY WILFRIED (Cote D'Ivoire)
BONY WILFRIED
Mantan penyerang Sparta Praha memilii usia dan jumlah gol yang sama; 22. Jumlah yang mengagumkan bagi pemain muda yang baru 59 kali merumput di Liga Ceko. Rekor yang membuatnya direkrut klub Belanda, Vitesse Arnhem Januari lalu. Baru ditransfer ke Liga Belanda, dia dengan cepat mampu meraih angka double digit di catatan golnya.

0 komentar:

Poskan Komentar