Pages

Jumat, 06 Januari 2012

Jalur Undangan Unnes Buka per 1 Februari

Ilustrasi : ist.

JAKARTA - Memasuki awal tahun, para pelajar kelas XII harus segera mempersiapkan diri untuk mengikuti Ujian Nasional (UN) pada April mendatang. Tidak hanya itu, sejumlah perguruan tinggi juga membuka pendaftaran mahasiswa baru gelombang pertama.

Salah satunya adalah Universitas Negeri Semarang (Unnes). Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Unnes melalui jalur undangan akan dibuka pada 1 Februari 2012.

Pembantu Rektor Bidang Akademik (PR I) Unnes Agus Wahyudin mengungkapkan, pengumuman tersebut berdasarkan draft informasi SNMPTN 2012 yang diterimanya.

Agus menyebutkan, jalur ini merupakan mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa adanya ujian tulis maupun keterampilan. “Jalur ini tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat,” kata Agus seperti dilansir dari laman Unnes, Jumat (6/1/2012).

Menurutnya, tujuan dibukanya jalur undangan adalah memberikan kesempatan kepada semua anak bangsa yang berprestasi akademik cemerlang untuk memperoleh pendidikan tinggi. “Selain itu, memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada kepala sekolah untuk menjadi bagian dari pelaksanaan seleksi awal di tingkat sekolah,” ujarnya.

Jalur undangan dalam SNMPTN merupakan akses lain bagi para pelajar untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Program besutan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang dilaksanakan sejak SNMPTN 2011 lalu ini dapat membantu pelajar dengan prestasi baik namun mengalami kesulitan dalam masalah keuangan

0 komentar:

Posting Komentar