Pages

Jumat, 06 Januari 2012

Jepang Kembangkan Semikonduktor Hemat Energi


TOKYO - Perusahaan-perusahaan produsen IT besar, termasuk Hitachi Ltd, Fujitsu Ltd, dan NEC Corp, merencanakan kerjasama untuk mengembangkan semikonduktor hemat energi.

Semikonduktor tersebut, dirancang untuk dapat beroperasi dengan konsumsi energi 10 kali lebih kecil dari energi yang digunakan perangkat IT saat ini. Semikonduktor generasi baru tersebut akan memungkinkan transfer data yang lebih besar, serta pada saat yang sama memungkinkan ukuran perangkat IT jadi lebih kecil.

Diwartakan Yomiuri Shinbun, Selasa (3/1/2012), perusahaan-perusahaan tersebut berharap dapat mewujudkannya pada tahun fiskal 2019. Mereka juga mengantisipasi kemungkinan produk semi-konduktor itu akan banyak digunakan pada bisnis, termasuk call center yang menawarkan layanan komputasi awan, sampai produk seperti PC.

Pada data center, perangkat ini diharapkan dapat mengurangi konsumsi energi sampai sekira 30 persen. Kombinasi penghematan daya dengan transfer data kecepatan tinggi yang akan tampil pada perangkat tersebut, memungkinkan produsen ponsel pintar memasang prosesor serupa dengan jenis yang biasa digunakan PC.

Para produsen IT berkompetisi untuk membuat semikonduktor menjadi lebih kecil dan efisien. Untuk memperkecil ukurannya, garis kabel pada papan sirkuit perangkat tersebut harus dipersempit.

Para ahli sepakat bahwa jarak antar garis tersebut mesti sekira 1 milimeter. Namun sekelompok perusahaan, termasuk Hitachi, mencoba mengurangi jarak tersebut sampai 0,1 milimeter, dengan cara menggunakan sambungan optik yang biasa ditemukan pada kamera digital, sebagai pengganti garis di papan sirkuit

0 komentar:

Poskan Komentar