Pages

Selasa, 24 Juli 2012

Arkeolog Klaim Ungkap Rahasia Lukisan Mona Lisa

detail berita
Lukisan Mona Lisa
MILAN - Para arkeolog yakin telah menggali sebuah rahasia dibalik lukisan terkenal karya Leonado da Vinci, Mona Lisa. Rahasia tersebut berupa sesosok tengkorak di balik lantai sebuah biara di Florence, Italia.

Diwartakan Sunday Observer, Selasa (24/7/2012), tengkorak itu diyakini sebagai Lisa Gherardini yang merupakan model untuk lukisan paling misterius karya da Vinci.

Lisa Gherardini adalah istri seorang pedagang sutera kaya bernama Francesco del Giocondo. Di Italia, lukisan Mona Lisa dikenal sebagai La Gioconda.

Kebanyakan para ahli sejarah modern menyetujui bahwa gadis yang dijadikan lukisan Mona Lisa adalah Lisa del Giocondo. Wanita tersebut memilih menjadi biarawati setelah kematian suaminya. Lisa del Giosondo meninggal di biara pada 15 Juli 1542 dalam usia 63 tahun.

Sekelompok arkeolog memulai penggalian di biasa Santa Ursula pada tahun lalu. Mereka harus menembus beton yang tebal, namun dengan cepat menemukan kubur yang diyakini sebagai peristirahatan terakhir Lisa.

Selanjutnya, mereka akan melakukan verifikasi untuk mengetahui DNA di dalam tulang. Setelah berhasil memverifikasi tulang-belulang tersebut, mereka akan berupaya merekonstruksi wajahnya untuk membandingkannya dengan lukisan karya da Vinci.

Sebelumnya pada tahun lalu, profesor Vioncenti juga mengklaim ada sebuah pesan tersembunyi di mata Mona Lisa setelah diperiksa menggunakan kaca pembesar bertenaga tinggi.

Mona Lisa adalah sebuah lukisan minyak di atas panel yang kini dimiliki oleh pemerintah Perancis. Lukisan ini dinilai sebagai karya lukis paling terkenal di dunia. Da Vinci mulai melukisnya pada 1503 atau 1504 dan menyelesaikannya pada 1519, beberapa waktu sebelum kematiannya.
 

0 komentar:

Poskan Komentar