Pages

Kamis, 02 Agustus 2012

Kebiasaan "Ngirit" Para Milyuner


Michelle Obama tengah berbelanja di Target, tanpa didampingi bodyguard.
KOMPAS.com - Orang kaya bukannya tidak mungkin jatuh dan kembali miskin. Buktinya, banyak artis yang pernah terkenal kini jadi melarat. Pemilik bisnis yang lupa diri karena kesuksesannya, jadi kehilangan asetnya. Karena itu, mumpung masih  kaya, hiduplah secara hemat, karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada hidup kita kelak, kan?
Sekali-sekali memanjakan diri dengan membeli pakaian bagus atau berlibur, tentu tidak salah. Namun selanjutnya Anda perlu disiplin dalam mengelola keuangan Anda. Terapkan kebiasaan hemat untuk beberapa hal yang cocok untuk Anda. Ambil contoh kebiasaan Kate Middleton dan Michelle Obama. Meskipun mampu membeli pakaian rancangan desainer, tetapi mereka masih membeli baju yang "lucu-lucu" dari label kelas menengah. Lalu, mereka tidak segan mengenakan pakaian itu berulangkali, termasuk untuk menghadiri resepsi perkawinan.
Kedua perempuan ini merupakan beberapa contoh saja dari orang-orang kaya yang tetap hidup hemat. Masih ada sejumlah milyuner lain yang ternyata juga memilih hidup sederhana dan cermat dalam mengeluarkan uang. Tiru kebiasaan mereka ini!

David Cheriton
Estimasi kekayaan: 1,3 milyar dollar
Kebiasaan irit: Ketika makan di restoran mewah, separuhnya dibawa pulang untuk dimakan besoknya.
Profesor di Stanford University yang juga menjadi salah satu pendiri Google ini juga memotong rambutnya sendiri selama 15 tahun terakhir, dan mengemudikan Volkswagen Vanagon 1986-nya sendiri. Sejak kecil, Cheriton memang sudah terbiasa berhemat. "Kebiasaan hemat itu diturunkan oleh orangtuaku, yang tumbuh besar pada era Depresi Besar, dan mereka menularkan kebiasaan berhati-hati," ujarnya. Ia sendiri membuat aturan untuk tidak menghabiskan uang dengan cara yang tidak bisa dijelaskannya pada orangtuanya, tanpa merasa bersalah atau malu. "Itu seperti membuat aturan pribadi untuk tidak pernah melakukan sesuatu yang tidak ingin Anda lihat ditayangkan di acara 60 Minutes," tambahnya.

Hilary Swank
Estimasi kekayaan
: 40 juta dollar
Kebiasaan irit: Mengumpulkan kupon gratis

Siapa sangka, peraih Piala Oscar ini waktu kecil tinggal di trailer park di Bellingham, Wash. Ia baru pindah ke Los Angeles bersama ibunya pada tahun 1990 (umur 16) karena ingin mengejar impiannya di dunia akting. Di sana, hidupnya malah makin susah. Mereka menginap di dalam mobil agar bisa mencukupi kebutuhan mereka. Setelah memainkan berbagai peran kecil, barulah sosoknya diperhatikan setelah membintangi Boys Don't Cry, dan kelak memberinya penghargaan Academy Awards.

Meskipun kini telah meraih kesuksesan, Hilary masih menerapkan beberapa kebiasaan irit yang dilakukannya sejak kecil, antara lain membeli pasta gigi dan tisu dalam jumlah besar. Sewaktu tampil dalam talk show Live! With Regis & Kelly pada 2010, aktris berusia 38 tahun ini mengaku masih sering mengumpulkan kupon atau voucher gratis. "Ketika kita membuka suratkabar dan menemukan kupon-kupon itu, rasanya seperti melihat uang dollar menari-nari di depan mata. Begitulah cara aku dibesarkan. Jadi, kenapa nggak memanfaatkannya?"

T. Boone Pickens
Estimasi kekayaan
: 1,4 milyar dollar
Kebiasaan irit: Membeli pakaian kerja baru setiap lima tahun
Pencapaian profesionalnya selama 55 tahun ini adalah mengembangkan perusahaan minyaknya, Mes Petroleum, menjadi bisnis bernilai 2 milyar dollar. Namun sekarang, Pickens justru dikenal dengan gaya hidupnya yang low-budget. "Orang suka terkejut menyadari saya tidak punya lemari yang penuh pakaian rapi," katanya. "Saya membeli tiga pakaian kerja baru setiap lima atau beberapa tahun, dan total hanya punya 10. Hanya itu yang saya butuhkan."

Nasihat mengenai keuangan diterimanya dari sang nenek, yang mengatakan, "Jangan pernah pergi ke mana pun dengan uang di dalam saku sambil mencari sesuatu untuk dibeli." Saat ini, setiap kali mengunjungi toko, Pickens akan melihat daftar belanjaan yang sudah dibuatnya, dan hanya membawa uang sejumlah nilai belanjaan yang sudah diperkirakannya.

Michelle Obama
Estimasi kekayaan
: Aset keluarga Obama nilainya 2,6 - 8,3 juta dollar
Kebiasaan irit: Belanja di Target

Ibu Negara Amerika Serikat ini kedapatan tengah berbelanja di department store Target di Washington, DC, tahun lalu. Kabarnya, di sana ia membeli makanan dan mainan untuk anjing peliharaan keluarga Obama. Selain selalu membeli barang kebutuhan sehari-hari di toko-toko "biasa", Michelle juga dikenal sangat hemat dalam menggunakan dana untuk fashion. Meskipun memiliki akses ke desainer-desainer papan atas, perempuan jangkung ini gemar membeli pakaian dari toko-toko diskon seperti H&M. Ia juga kerap tampil di depan publik dengan gaun keluaran label kelas menengah seperti Gap atau J.Crew.

Warren Buffett
Estimasi kekayaan
: 44 milyar dollar
Kebiasaan irit: Tinggal di rumah sederhana yang sudah ditempatinya selama 54 tahun

Pendiri perusahaan konglomerasi Berkshire Hathaway dengan bisnis inti berupa asuransi dan properti ini tentunya mampu tinggal di rumah mewah yang lebih besar ketimbang rumah berkamar lima di Omaha, Nebraska, yang dibelinya pada tahun 1958. Namun, multi milyuner ini memilih menjalani hidup sederhana di kota kecil tersebut. "Investasi terbaik ketiga yang pernah saya buat adalah membeli rumah saya. Untuk rumah seharga 31.500 dollar tersebut, saya dan keluarga saya mendapatkan 52 tahun penuh kenangan, dan akan semakin bertambah lagi," paparnya. Saat ini, rumah berkamar lima di Omaha rata-rata harganya 391.983 dollar. Artinya, 12 kali lipat dari harga rumahnya sekarang.
O ya, dua investasi terbaik lain yang dibuat Buffett adalah cincin kawin yang dibelinya untuk istri pertama, dan kemudian istri keduanya.

Bethenny Frankel
Estimasi kekayaan
: 100 juta dollar
Kebiasaan irit: Memilih membeli barang yang bisa ditawar di eBay

Mantan bintang acara realita Real Housewives of New York ini menjual produk minumannya yang berlabel Skinnygirl Cocktails ke Beam Global dengan nilai 100 juta dollar tahun lalu. Brand minuman yang terdiri atas tiga macam wine, empat rasa vodka, dan pina colada ini, memiliki ciri khas berupa kalorinya yang rendah, sehingga sangat populer di kalangan perempuan.
Namun, kekayaan barunya ini bukan seperti jatuh dari langit. Perempuan yang kini memiliki acara bincang-bincang sendiri, Bethenny, ini bertahun-tahun yang lalu bahkan tidak mampu membayar sewa rumahnya. Hingga sekarang, ia masih menerapkan gaya hidup hemat, terutama untuk fashion. Maklum saja, fashion sudah jadi guilty pleasure buatnya, sehingga tidak mungkin ditinggalkan. Namun, ia hanya membeli barang-barang yang didiskon. Kemudian, agar bisa memuaskan kesukaannya belanja tanpa direncanakan, Bethenny hanya berbelanja secara online, dan rajin mengunjungi situs-situs pemberi diskon, seperti eBay.com dan net-a-porter.com.

0 komentar:

Poskan Komentar