Pages

Selasa, 07 Agustus 2012

Menikmati Otentiknya Katsu Jepang

Ebi Katsu Curry
Anda menyukai jenis makanan digoreng? Nah, cobalah aneka gorengan khas Jepang yang dikenal dengan nama katsu, di restoran Katsusei. "Restoran ini punya spesialisasi sebagai restoran katsu. Karena semua menu utama yang disajikan adalah katsu," jelas Leonardo Lesmana, Marketing and Communication Manager Katsusei kepada Kompas Female, di Katsusei Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (3/8/2012) lalu.
Beragam  menu katsu yang ditawarkan di restoran yang kental dengan suasana Jepang ini, antara lain, Ebi Katsu Curry, Beef Katsu Set, Minced Beef Katsu Set, Chicken Katsu Set, Chicken Cheese Roll Katsu Set, Seafood Mix Fry, Shrimp Fry Set, Halibut Fry Set, sampai Scallop Fry Set. Khusus untuk menu beef, hanya menggunakan daging sapi wagyu saja.
"Menu yang paling banyak disukai salah satunya adalah Ebi Katsu Curry," jelas Leo. Tak usah khawatir tidak akan merasa kenyang menikmati Ebi Katsu Curry, sebab menunya tersedia lengkap nasi. kuah kari dan semangkuk sup miso yang hangat.
Tekstur ebi katsu yang renyah berpadu dengan nasi putih yang tersiram kuah kari ini terasa mantap. Ebi katsu meski garing di luar namun bagian dalam terasa lembut. Rahasianya terletak pada campuran tepung panko (tepung katsu khas Jepang). Untuk mendapatkan citarasa katsu yang otentik Jepang, Katsusei memboyong sebagian besar bahan bakunya dari Jepang sampai Executive Chef-nya. Leo pun mengungangkapkan kalau kari ala Jepang ini memiliki rasa rempah yang lebih bersahabat bagi lidah kita dibandingkan kari India.

ebi
Menu non halal
Katsusei juga memiliki aneka menu katsu non halal, antara lain Pork Sirloin, Shrimp and Pork Tenderloin Katsu Set, Sappari Pork Sirloin Katsu Set, Pork Tenderloin Katsu Nabe Set, dan lain-lain. Hampir sama dengan menu katsu lainnya, pork katsu ini disajikan lengkap seperti menu katsu lainnya. Tapi jangan khawatir, "Kami punya dua dapur dan peralatan yang berbeda untuk memasak makanan halal dan non halal. Maka masyarakat muslim juga bisa makan di restoran ini tanpa khawatir," tukasnya.
Beda menu, beda cara makan
Sekalipun hanya sekedar gorengan, namun masyarakat Jepang sangat memperhatikan cara menyantap makanan. Jika Anda memilih menu set, maka satu paket menu katsu akan dihadirkan ke hadapan. Mulai dari salad, nasi, katsu, wijen (goma), saus dingin (konkatsu), wadah kosong dan sebatang kayu. Ternyata untuk menyantap menu set ini, Anda diharuskan untuk meracik sendiri saus katsu sesuai keinginan Anda.
Pertama, ambil wadah wijen sangrai (goma) dan haluskan perlahan dengan menggunakan kayu sampai tingkat kehalusan yang diinginkan. Setelah halus, campurkan dengan konkatsu (saus dingin) ke dalamnya dan campur sampai rata. Aroma wijen sangrai ini akan menyatu dengan saus dingin. Kemudian, cocol saja potongan katsu ini ke dalam saus baru disantap.
Namun, jika memesan menu lainnya, Anda tak perlu melakukan hal ini. Karena tidak semua menu cocok disajikan dengan saus wijen. Cara paling baik untuk menikmatinya adalah selagi masih hangat.
Setelah menikmati gorengan ini, tak perlu takut akan kolesterol dan lemak yang menempel di tubuh. Pesan saja ojicha (sejenis teh hijau) yang berguna untuk melancarkan pencernaan dan melunturkan kolesterol.
beef

0 komentar:

Poskan Komentar