Pages

Sabtu, 25 Agustus 2012

Pijatan Sederhana untuk Redakan Nyeri Menstruasi


Hampir seluruh bagian tubuh sering dipijat. Sayangnya, bagian perut seringkali dilupakan. Padahal pijatan di sekitar perut bisa membantu meredakan gangguan pencernaan, dan tekanan darah. Pijatan juga bisa membantu meredakan serangan sakit perut dan nyeri yang dialami ketika menstruasi. Sebab, seperti anggapan masyarakat Jepang, bagian perut (disebut hara) merupakan pusat energi dari seluruh bagian tubuh.
Untuk meringankan nyeri haid, ini yang bisa Anda lakukan:
1. Tempatkan telapak tangan Anda di bagian perut dekat pusar.
2. Dengan telapak tangan Anda, buatlah gerakan melingkar di sekitar pusar, searah dengan jarum jam. Lakukan dengan perlahan selama beberapa kali putaran.
3. Kemudian, beralihlah dengan menggunakan ujung jari-jari Anda. Gunakan ujung jari untuk memberi beberapa tekanan pada bagian perut. Tekan-tekan sedikit sambil lakukan dengan gerakan memutar seperti langkah kedua.
4. Jika menemukan titik yang sakit, maka berhentilah sejenak di titik tersebut. Tekan lebih dalam dan tahan sebentar. Kemudian tarik nafas dalam-dalam dan bernafaslah dengan perut.
5. Setelah dirasa cukup, tahan tangan Anda di bagian dekat pusar selama beberapa saat. Tarik nafas dalam-dalam, dan relaksasikan pundak agar otot perut juga ikut rileks.




0 komentar:

Poskan Komentar