Pages

Rabu, 29 Agustus 2012

Wuihh.. Kucing Belang Simetris Ini Miliki 2 Warna Mata

detail berita
Kucing umumnya memiliki bulu dengan pola warna tertentu yang mengumpul di satu tempat atau warna bulu tertentu yang tersebar secara acak. Namun, berbeda dengan kucing lainnya, kucing bernama Venus ini memiliki pola tertentu pada warna bulu serta warna bola mata yang berbeda.

Dilansir Emirates247, Selasa (28/8/2012), kucing ini dijuluki kucing berwajah dua yang sempat menjadi buah bibir di internet. Wajah hewan mamalia ini seolah terbagi dua secara sempurna, yakni warna bulu hitam dan calico (kekuning-kuningan).

Hewan ini memiliki keunikan yang dinamakan heterochromia, yang berarti bahwa kucing ini memiliki dua bola mata dengan warna yang berbeda. Venus memiliki mata biru di bagian kiri, sedangkan mata bagian kanannya berwarna hijau. Kucing ini diketahui merupakan kucing peliharaan salah satu keluarga di Florida, Amerika Serikat.

Melalui situs Abovetopsecret mengungkapkan, penampilan Venus dikatakan serupa dengan mitologi "Chimera". Kabarnya hewan tersebut terdiri dari dua populasi sel genetika berbeda yang berasal dari zigot yang berbeda. Hal ini menandakan, kucing ini memiliki dua set DNA yang berbeda.

Wikipedia menerangkan, secara anatomi, heterochromia mengacu pada perbedaan warna, tidak hanya iris (selaput bola mata), tetapi juga rambut atau kulit. Heterochromia merupakan hasil dari kelebihan relatif atau kurangnya melanin (pigmen).

Heterochromia dapat diwariskan atau disebabkan oleh kelainan genetik, penyakit, atau cedera. Heterochromia pada mata memiliki dua jenis, yakni heterochromia lengkap dan parsial/sektoral.

Pada heterochromia lengkap, satu iris memiliki warna penuh yang berbeda dengan iris di sebelahnya. Sementara heterochromia parsial, perbedaan warna hanya terletak di salah satu bagian pada iris.




0 komentar:

Poskan Komentar