Pages

Sabtu, 20 Oktober 2012

Riset: Pengguna Tak Sadar Keseringan "Online"


Saat ini, menurut sebuah survei yang dilakukan oleh Forrester Research, pengguna Internet sudah mengurangi waktu mereka "berkeliling" di dunia maya. Waktu mereka online di Internet sudah lebih sedikit beberapa jam dibandingkan tahun lalu.

Menurut Forrester Research, seperti dikutip dari All Things D, para responden mengaku mereka mengakses Internet rata-rata selama 19,6 jam per minggunya. Jumlah tersebut memang sedikit lebih rendah dari tahun lalu, dimana responden mengaku ada di dunia maya selama 21,9 jam per minggunya.

(gambar: All Things D)
Forrestergoingonline

Menurut Forrester, penurunan tersebut lebih mengarah ke persepsi dibandingkan dengan kenyataan. Kebanyakan orang tidak sadar kalau sebenarnya mereka online setiap waktu.

"Terlepas dari kenyataan bahwa mereka selalu memiliki perangkat yang terhubung (ke Internet) dan selalu online, mereka benar-benar tidak menyadari bahwa mereka sedang online," kata analis dari Forrester, Gina Sverdlov.

Padahal, orang yang sedang melihat Google Map atau meng-update status di Facebook melalui perangkat mobile itu termasuk kegiatan online.

"Mereka tidak menyadari kalau sedang online karena kegiatan ini sudah menjadi bagian dari hidup sehari-hari," ujar Sverdlov.

Hasil survei ini didapatkan oleh Forrester Research setelah menanyakan kepada 58.000 orang dewasa di AS yang gemar berada di dunia maya.

Dari hasil survei ini, diketahui kalau responden lebih memilih mengakses situs jejaring sosial, dibandingkan ke situs berbagi foto dan forum. Hal tersebut disebabkan karena para pengguna sudah berbagi foto di situs seperti Facebook dan Twitter. Kegiatan seperti berinteraksi dalam dunia forum pun bisa dilakukan di kedua situs tersebut.


0 komentar:

Poskan Komentar